Software dan Games PC

5 Cara Mencari File dan Dokumen Di PC Laptop Dengan Cepat

Semakin lama kapasitas penyimpanan pada hard disk PC maupun laptop semakin membesar. Terkadang susunan didalamnya berantakan. Sehingga pengguna kesulitan mencari file atau dokumen penting yang disimpannya. Lupa meletakkan di folder mana. Padahal file tersebut sangat penting untuk segera di olah.

Kali ini Jeripurba.com akan memberikan tips bagaimana mencari dan menemukan file dokumen di PC dengan cepat dan mudah. Khususnya bagi pengguna PC atau laptop berbasis Windows 10.

Cara pertama menemukan file di PC Windows adalah dengan melihat file dokumen terbaru yang dibuka (Recent Documents) pada masing-masing software. Contoh jika Anda ingin mencari file word atau excel.

Buka software Microsoft Word atau Excel. Klik menu dan lihat di tab Recent Documents.

Cara Mencari File dan Dokumen Di PC

Cara Mencari File dan Dokumen Excel Di PC atau Laptop.

Klik dan buka dokumen yang ingin Anda ketahui dimana tempat menyimpannya. Lalu klik Menu >> Prepare >> Properties. Akan muncul jendela Properties dibawah Menu Ribbon seperti gambar dibawah.

Cara Mencari Lokasi File Dokumen di Laptop

Lokasi File Dokumen Tersimpan Ditemukan.

Lihat pada tab Location. Disanalah file Word atau Excel Anda tersimpan.

Sayangnya cara ini tidak bisa dilakukan jika Anda menggunakan software pembersih seperti CCleaner dan semacamnya yang bertugas membersihkan file sampah, cache, history dan recent dokument aplikasi/software.

Anda juga bisa menggunakan cara kedua. Jika Anda lupa meletakkan file Word atau Excel di drive atau folder mana, coba lihat langsung ke folder penyimpanan defaultnya (patch file). Caranya adalah dengan mengetahui di mana alamat patch file.

Lokasi Tempat Penyimpanan Dokumen Excel Default

Lokasi Tempat Penyimpanan Dokumen Excel Default.

Jika di aplikasi Word dan Excel, patch file ini bisa dilihat pada bagian menu >> Word Options (Excel Options) >> Save >> Default file location (lihat gambar diatas). Coba akses folder ini. Mudah-mudahan file Anda ada didalamnya.

Cara ketiga mencari dan menemukan dengan cepat file di hard disk adalah dengan memanfaatkan fitur pencarian pada Windows Explorer.

Terutama pengguna Windows 10, cara ini cukup efisien. Jika Anda mengingat sedikit nama file tersebut, coba ketikkan nama filenya meski satu kata di kolom pencarian Windows Explorer.

Cara Mencari File dan Dokumen Melalui Windows Explorer

Cara Mencari File dan Dokumen Melalui Windows Explorer.

Untuk mempersempit pencarian, pilih terlebih dahulu di drive mana file itu akan dicari.

Cara keempat adalah dengan mengetikkan tipe file yang Anda cari (ekstensi). Jika kebetulan Anda tengah mencari file dokumen Excel, ketikkan saja ekstensinya (.xls) atau (.xlsx) di kolom pencarian Windows Explorer. Begitupun jika Anda tengah mencari file Microsoft Word, ketikkan saja ekstensinya (.doc) atau (.docx) tanpa tanda kurung.

Cara Mencari File dan Dokumen Di Windows Dengan Ekstensi

Cara Mencari File dan Dokumen Di Windows Dengan Ekstensi.

Seketika, seluruh file berekstensi yang Anda cari akan muncul dan Anda tinggal mencari nama filenya. Anda juga bisa mencari file dengan format atau ekstensi lain misalnya file audio .mp3, file video .mpeg, file gambar .jpeg, dan format file lainnya.

Cara kelima adalah dengan memanfaatkan fitur pencarian Cortana. Pengguna Windows 10 bisa memanfaatkan bantuan Cortana untuk mencari file di drive laptop mereka. Pencarian bisa dilakukan secara lebih mendetail. Baik dokumen yang baru saja di buka atau dengan mengetikkan nama file yang akan dicari.

Mencari File Di Windows 10 Dengan Bantuan Cortana

Mencari File Di Windows 10 Dengan Bantuan Cortana.

Itulah lima cara mencari dan menemukan file di PC atau laptop dengan OS Windows. Semoga bermanfaat.

5 Cara Mencari File dan Dokumen Di PC Laptop Dengan Cepat,


Diterbitkan pada: Senin, 3 September 2018
Rating : 4.80 / 5 dari 5 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Pria ganteng yang akrab dipanggil Randy ini memiliki rasa ingin tahu yang besar terhadap dunia teknologi. Di Jeripurba.com dia menulis berita untuk kategori Gadget, Hardware, Software dan Aplikasi.

author

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika serta bertanggung jawab!. Diskusi hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "5 Cara Mencari File dan Dokumen Di PC Laptop Dengan Cepat".

Copyright by:
Jeripurba.com copyright