Tips dan Trik

Meski Terlihat Bagus, Tidak Semua Cover Mobil Anti Luntur

Hati-hati membeli sarung (cover) penutup mobil. Meski warnanya terlihat keren dan bagus, tidak semua cover mobil tahan air dan anti luntur. Alih-alih melindungi dari panas matahari, hujan dan debu, penggunaan cover mobil yang tidak tepat malah merusak cat mobil. Jika sudah begitu, siap-siap biaya tambahan untuk memperindahnya lagi. Kali ini Jeripurba.com akan membagikan tips cara memilih cover mobil dan penggunaannya yang tepat.

Tips memilih cover mobil:

Fungsi utama cover mobil adalah untuk melindungi bagian eksterior mobil dari debu, kotoran, teriknya matahari hingga cipratan air hujan. Selain dirumah, penggunaan sarung mobil saat kendaraan sedang di parkir juga punya manfaat tersendiri. Terutama menghindari goresan-goresan pada bodi mobil dari keisengan tangan jahil. Untuk itulah, sebagai pemilik mobil, Anda harus jeli dan bisa memilih cover mobil yang tepat untuk digunakan pada mobil Anda. Mulai dari ukuran, bahan dan warna.

Ukuran.

Di toko offline maupun online banyak pilihan cover mobil. Mulai dari ukuran kecil, sedang dan besar. Pastikan Anda membeli dan menggunakan cover mobil dengan ukuran yang sesuai. Jangan terlalu besar atau terlalu kecil. Penggunaan cover mobil terlalu besar membuat cover tidak bisa dipasang dengan pas pada bodi mobil. Jika kebetulan mobil Anda di parkir di area terbuka, umumnya pada bagian bawah mudah terangkat akibat hembusan angin. Karena pemasangannya kurang kencang dan presisi pada bagian ini. Jika sudah begitu, bagian bawah mobil tidak terlindungi atau bahkan jika angin berhembus dengan kencang, cover mobil akan terlepas. Begitu juga sebaliknya, jangan gunakan cover mobil yang terlalu kecil. Selain sulit dalam pemasangannya, ada bagian mobil yang tidak terlindungi, terutama pada bagian bawah. Sehingga bagian bawah mobil tidak terlindungi dari kotoran dan percikan air hujan.

Bahan.

Tips berikutnya mengenai pemilihan bahan cover mobil, harus disesuaikan dengan kondisi penempatan mobil. Jika mobil Anda lebih banyak berada diluar ruangan (tidak didalam garasi), gunakan cover mobil dengan karakter tahan hujan. Cover mobil polyester atau parasut adalah pilihan tepat. Ciri-ciri umum cover mobil dengan bahan ini adalah permukaannya licin dan tidak berpori.

Dengan karakteristik anti air, bahan parasut atau polyester merupakan pilihan tepat untuk mobil yang lebih sering di parkir di luar ruangan. Tetapi Anda tetap harus memperhatikan jika menggunakannya dalam waktu lama. Biasanya sarung dengan bahan ini akan meninggalkan uap air didalamnya. Jika dibiarkan, sarung yang lembab bisa menimbulkan bercak jamur pada permukaan cat mobil. Segera lepas cover mobil dan keringkan terlebih dahulu sebelum digunakan kembali.

Cover Mobil Krisbow Avanza

Cover Mobil Krisbow Avanza. (YouTube)

Sebaliknya jika mobil Anda lebih sering di parkir didalam garasi, pilih cover mobil dengan bahan dasar kain, jangan berbahan dasar parasut atau polyester. Cover mobil dengan dasar kain memiliki pori-pori sehingga sirkulasi udara lancar. Dengan begitu, permukaan cat mobil tetap kering dan terjaga kebersihannya.

Baik cover mobil anti air maupun cover mobil berbahan dasar kain, pilihlah bahan dengan karakteristik lembut dan berkualitas. Tujuannya supaya permukaan cat mobil terhindar dari lecet halus saat memasang dan melepasnya.

Anti luntur.

Tips yang terakhir, perhatikan kualitas bahan cover mobil. Jangan tergoda dengan warna dan gambar menarik. Bisa saja warna dan gambar pada cover tersebut malah merusak cat mobil Anda. Mengapa? jika warna dan gambar pada cover tersebut terkena air hujan dan luntur, maka nodanya bisa menempel di cat mobil Anda. Untuk itu sebelum digunakan lakukan tes terlebih dahulu, apakah cover mobil yang digunakan luntur atau tidak saat terkena air.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Meski Terlihat Bagus, Tidak Semua Cover Mobil Anti Luntur,


Diterbitkan pada: Jumat, 14 September 2018
Rating : 4.50 / 5 dari 2 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright