Games dan Aplikasi HP

4 Aplikasi Penghemat Baterai Terbaik Untuk Android

Permasalahan baterai boros di Android sebenarnya bisa diselesaikan dengan beberapa tips sederhana yang tidak membutuhkan aplikasi penghemat baterai tambahan. Aplikasi tambahan biasanya hanya membantu otomatisasi saja, misalnya untuk mematikan Bluetooth, WiFi atau menghibernasi aplikasi yang berjalan di background.

Ada banyak aplikasi penghemat baterai Android yang bisa digunakan, tapi mungkin Anda harus mencarinya dengan hati-hati di Play Store, karena ada juga aplikasi-aplikasi yang katanya bisa mempercepat, dan membuat irit baterai tapi malah bikin kinerja Android jadi melambat dan baterainya tetep sama aja. Daripada pusing mencari dan memilih sendiri di Play Store yang memakan banyak waktu, lebih baik simak aplikasi-aplikasi penghemat baterai Android pilihan Jeripurba.com berikut ini:

Aplikasi Penghemat Baterai Terbaik Untuk Android

Aplikasi Penghemat Baterai Terbaik Untuk Android.

1. Greenify

Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi favorit bagi pengguna Android yang sudah di Root (Meskipun bisa juga bekerja tanpa akses Root). Dengan aplikasi Greenify, perangkat Android Anda dapat menjalankan hampir semua aplikasi dengan lancar dan ringan sama seperti yang terjadi di hari pertama saat Anda memilikinya.

Aplikasi Greenify ini membantu Anda dalam mengidentifikasi dan menempatkan aplikasi nakal (yang banyak menghabiskan baterai) ke dalam mode hibernasi bila Anda sedang tidak menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut, untuk menghentikan kegiatan mereka yang membuat Android Anda nge-lag dan menghabiskan baterai dengan cara yang unik.

Aplikasi Greenify

Aplikasi Greenify.

Ada dua versi aplikasi penghemat baterai Android ini, Greenify Free dan Greenify Premium. Download aplikasi Greenify melalui tautan ini atau versi gratisannya disini.

2. CleverConnectivity +++Battery

Clever Connectivity akan memberikan pengaturan kepada penggunaan paket data secara cerdas tanpa harus melewatkan pesan penting dari email atau aplikasi online lain. Adapun fitur-fiturnya meliputi pengaturan untuk Data Connection, Data Manager, WiFi Connection, WiFi Manager, Auto Sync, Auto Wifi Off, Sleep Hours, Time Off dan Usage Check Interval. Mengenai fungsi dan kegunaan masing-masing fitur tersebut bisa Anda pelajari sendiri pada aplikasinya.

Lihat juga: Daftar Aplikasi Android Yang Boros Baterai.

Aplikasi CleverConnectivity +++Battery

Aplikasi CleverConnectivity +++Battery.

Download aplikasi Clever Connectivity disini.

3. JuiceDefender Ultimate

Dengan aplikasi ini Anda bisa mengefektifkan penggunakan baterai dengan fitur profil yang ada. Misalkan ketika baterai sudah hampir habis Anda bisa mengaktifkan profil agresif. Fitur ini akan menutup semua konektifitas ketika baterai akan habis sehingga penggunaan baterai akan sangat efektif, sebagai bentuk optimalisasi.

Profil lain yang disediakan ada Balance, Extreme, Advanced dan Anda bisa mengaturnya sendiri dengan profil Customize. Semua profil akan dijelaskan pada aplikasi ini berupa fungsi dan rekomendasi pengaktifan.

Aplikasi JuiceDefender Ultimate

Aplikasi JuiceDefender Ultimate.

Sayangnya, aplikasi penghemat baterai yang cukup populer ini sudah tidak tersedia lagi di Play Store karena pengemabng tidak melanjutkannya lagi. Namun jika Anda ingin mencobanya, bisa men-downloadnya melalui Mobo Market disini.

4. GreenPower Battery Saver

Aplikasi ini berfungsi buat mengelola perangkat seperti WiFi, Bluetooth, paket data, account sync, dll. Selain itu kita juga bisa mengatur brightness, display time out, dan beberapa pengaturan yang berhubungan dengan layar.

Ada yang spesial di aplikasi GreenPower ini, yaitu ada tombol “Pause”, tombol ini buat menghentikan aplikasi ini sendiri. Ketika tombol pause aktif maka semua pengaturan perangkat kembali ke default sistem, atau pengaturan yang sudah kita buat sebelumnya.

Lihat juga disini: Cara mengemat pemakaian baterai Android.

Aplikasi GreenPower Battery Saver

Aplikasi GreenPower Battery Saver.

Sayang, aplikasi penghemat baterai Android ini merupakan aplikasi berbayar. Namun jika uang bukan menjadi masalah, Anda bisa mendownload dan mencobanya sekarang. Cek melalui tautan ini.

Dari semua aplikasi di atas, beberapa di antaranya bisa Anda pakai secara bersamaan, seperti Greenify dengan Clever Connectivity. Hindari penggunaan aplikasi penghemat baterai yang punya fungsi sama secara bersamaan, selain konyol, itu juga malah bikin boros. (via: aplikanolog).

4 Aplikasi Penghemat Baterai Terbaik Untuk Android,


Diterbitkan pada: Sabtu, 15 September 2018
Rating : 4.50 / 5 dari 2 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Pria ganteng yang akrab dipanggil Randy ini memiliki rasa ingin tahu yang besar terhadap dunia teknologi. Di Jeripurba.com dia menulis berita untuk kategori Gadget, Hardware, Software dan Aplikasi.

author

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika serta bertanggung jawab!. Diskusi hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "4 Aplikasi Penghemat Baterai Terbaik Untuk Android".

Copyright by:
Jeripurba.com copyright