Tips dan Trik

5 Alasan Mengapa Android Jadi Lemot dan Cara Mengatasinya

Android adalah salah satu Sistem Operasi terbaik di dunia. Namun tak berarti Android ini tanpa cela. Faktanya semakin lama digunakan performa Smartphone ataupun Tablet Android lambat laun akan melemah, jadi lemot dan sebagainya. Secara teknis ini terjadi karena sistem Android sendiri selalu membuat junk file yang semakin lama akan memakan storage Android, lama kelamaan hal ini bisa mengganggu performanya.

Nah, untuk mengatasi persoalan hp Android jadi lemot, Jeripurba.com akan menginformasikan beberapa hal yang membuat hp Android lambat sekaligus tips dan cara mengatasinya.

Mengatasi Android Jadi Lemot

Mengatasi Android Jadi Lemot.

1. Sisa ruang penyimpanan hampir habis

Ini adalah penyebab seringnya hp Android jadi lemot. Anda bisa mengecek sisa storage ponsel Android di setting >> storage. Idealnya, ada sisa lebih dari 20% storage untuk hp Android agar performanya tidak terlalu buruk.

Jika ini terjadi pada hp Android Anda, lakukan tips berikut:

  • Uninstall aplikasi yang tidak terpakai
  • Hapus cache data dan junk file lainnya dalam hal ini akan lebih mudah menggunakan aplikasi semacam Clean
  • Master atau CCleaner
  • Rapikan kembali file-file berukuran besar di hp semacam foto, musik dan lain-lain. Atau back up ke komputer.

2. Penggunaan Widget secara berlebihan

Widget memang menarik tapi ini juga bisa menjadi masalah utama kenapa hp Android jadi lemot. Kebanyakan widget benar-benar menyiksa performa Android apalagi jika Anda menggunakan 3rd party launcher. Launcher akan merender widget acap kali Anda akan membuka homescreen dan tentu saja itu sangat mempengaruhi RAM, apalagi jika lebih dari 3 widget terpasang.

Solusinya, gunakan widget secara bijaksana.

3. Penggunaan Animation Setting yang salah

Masing-masing 3rd party Android Launcher memiliki setting animation sendiri-sendiri. Bisa jadi performa tidak maksimal di hp Android Anda disebabkan karena settingannya belum sesuai dengan settingan dari Launcher yang Anda pakai.

Anda bisa mengakses hal ini dari setting kemudian developer option, untuk menyesuaikan dengan Launcher yang Anda pakai, Anda bisa mencari dulu referensinya di Google.

4. Terlalu banyak aplikasi berjalan di backround

Jika banyak aplikasi yang terinstall di Android, maka akan banyak pula aplikasi yang berjalan di background dan memakan RAM. Jika aplikasi background terlalu banyak maka konsumsi RAM Android pun tidak akan lega lagi, konsekuensinya hp Android jadi lemot.

Solusinya adalah dengan clear memori pada setting atau menggunakan aplikasi semacam CClaner atau Clean Master. Namun ini merupakan cara singkatnya, karena pada kenyataanya nanti juga aplikasi background akan memenuhi RAM kembali. Cara bagusnya Anda bisa memanfaatkan aplikasi Greenify yang mampu untuk mengunci aplikasi background dan menidurkannya sehingga tidak makan RAM lagi, aplikasi ini bisa dijalankan tanpa root, tapi akan lebih maksimal kalau device Androidnya sudah di root.

5. HP Android tidak pernah di restart.

Banyak error system di Android maupun aplikasi-aplikasinya bisa dibenarkan dengan cara yang mudah, yaitu restart. Jika hp Android sudah lama tidak dimatikan dan terasa lemot, cara paling mudah ini bisa Anda coba.

Itulah 5 alasan dan juga tips mengatasi hp Android yang terasa lemot. Buat Anda yang merasa Android-nya lemot dan kurang cepat bisa mencoba 5 tips diatas. Namun apabila sudah mencoba 5 tips itu tapi tetap saja masih lemot, sudah saatnya untuk ganti hp Android dengan spesifikasi yang lebih tinggi. Karena hal utama yang mempengaruhi cepat tidaknya performa hp Android itu utamanya adalah spesifikasi hardware-nya. (aplikanolog)

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

5 Alasan Mengapa Android Jadi Lemot dan Cara Mengatasinya,


Diterbitkan pada: Sabtu, 15 September 2018
Rating : 4.50 / 5 dari 2 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Pria ganteng yang akrab dipanggil Randy ini memiliki rasa ingin tahu yang besar terhadap dunia teknologi. Di Jeripurba.com dia menulis berita untuk kategori Gadget, Hardware, Software dan Aplikasi.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright