Otomotif

4 Penyebab Mobil Boros Bensin yang Harus Kamu Ketahui

Mengapa mobil boros bensin? ketika pemilik mobil merasakan gejala yang tidak seperti biasanya, pertanyaan itu timbul dibenak dengan sendirinya. Mereka mulai mencari penyebabnya.

Umumnya masalah ini sering terjadi pada mobil yang sudah berumur.

Tidak bisa dipungkiri semakin tua umur mobil maka semua komponen yang berkaitan dengan mesin akan mengalami penurunan fungsi.

Bisa karena faktor keausan atau karena faktor eksternal dan ini jarang dijumpai pada mobil baru.

Penyebab mobil boros bensin

Penyebab mobil boros bensin.

Jika komponennya aus, wajib diganti. Namun jika karena faktor eksternal, komponen ini bisa diperbaiki atau dibersihkan supaya bisa kembali bekerja optimal.

Berikut 3 penyebab mobil boros bensin yang harus kamu ketahui:

1. Filter udara kotor. Fungsi filter udara memang untuk menyaring kotoran pada aliran udara masuk. Seiring waktu, filter udara akan menjadi kotor. Kotoran yang menumpuk inilah akan menghambat performa mesin. Akibatnya mesin mobil akan terkena gejala knocking atau istilah kerennya ngelitik.

2. Ruang mesin mobil kotor. Selain filter udara kotor, kotoran atau kerak di ruang mesin juga menjadi penyebab mobil boros bensin. Mengapa? dengan adanya kerak mesin maka volume ruang bakar otomatis akan menyempit. Dengan begitu tenaga mobil akan berkurang meski mengkonsumsi jumlah bensin yang sama.

3. Nozzle Injector tersumbat. Komponen mobil yang satu ini kerap tersumbat sebab ukuran lubangnya memang kecil. Akibat tersumbat, tentu saja pemakaian bensin pada mobil menjadi boros.

4. Piston dan Ring Piston aus. Dari keempat penyebab mobil boros bensin ini, faktor keausan tidak bisa di tolerir. Komponen harus segera diganti dengan yang baru. Jika dua komponen ini didiagnosa mengalami keausan, maka dampak yang terasa adalah tenaga mobil loyo sebab berhubungan langsung dengan kompresi.

Itulah 4 penyebab mobil boros bensin yang harus kamu ketahui.

Untuk itu, perhatikan kebersihan komponen mobil. Lakukan servis rutin dan segera bawa mobil kesayangan kamu jia mulai terasa loyo namun boros mengkonsumsi bensin. Perhatikan juga penggunaan bahan bakar.

Sebab, faktor penggunaan bahan bakar juga berpengaruh. Penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai dengan kompresi mobil juga disinyalir menjadi penyebab mobil boros bahan bakar.

4 Penyebab Mobil Boros Bensin yang Harus Kamu Ketahui,


Diterbitkan pada: Minggu, 11 November 2018
Rating : 3.67 / 5 dari 3 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Pria ganteng ini sangat menyukai dunia dunia otomotif dan olahraga terutama motogp. Di jeripurba.com Ari menjadi kontributor dan menulis untuk kategori otomotif dan motogp.

author

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika serta bertanggung jawab!. Diskusi hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "4 Penyebab Mobil Boros Bensin yang Harus Kamu Ketahui".

Copyright by:
Jeripurba.com copyright