Otomotif

Harga Wuling Formo Lebih Murah dari Toyota Calya, Ini Perbandingan Keduanya

Dibandingkan dengan harga Toyota Calya, Wuling Formo dibanderol lebih murah. Mobil yang baru saja diluncurkan oleh Wuling Motors Indonesia ini terdiri dari 2 tipe yaitu minibus dan blind van.

Wuling Formo minibus merupakan kendaraan angkutan penumpang. Sedangkan blind van merupakan mobil untuk angkutan barang dan bukan pesaing dekat Toyota Calya.

Calya berhadapan langsung dengan Wuling Formo tipe minibus. Khusus tipe minibus, Wuling Formo terdiri dari dua tipe yaitu dengan 7 penumpang dan dengan 8 penumpang.

Berikut harga Wuling Formo:

  • Minibus 7 penumpang Rp136,8 juta,
  • Minibus 8 penumpang Rp135,8 juta,
  • Blind Van Rp135,8 juta.
Harga Wuling Formo dan Toyota Calya

Harga Wuling Formo lebih murah dari Toyota Calya.

Sementara harga Toyota Calya tipe terendah (1.2 E M/T) dibanderol Rp137.150.000. Mobil ini berhadapan langsung dengan Wuling Formo Minibus 7 penumpang yang dibanderol hanya Rp135,8 juta.

Lalu bagaimana perbandingan keduanya dari sisi eksterior dan interior?

Interior Wuling Formo dan Toyota Calya

Perbandingan interior Wuling Formo dan Toyota Calya.

Dari desain dan eksterior, Calya terlihat lebih stylish dan modern. Sementara Wuling Formo didesain minus ornamen mengkilap. Selain itu ternyata Formo tidak dilengkapi dengan lampu kabut, tidak mempunyai roof rack serta masih menggunakan pelek kaleng.

Tetapi dari segi dimensi, Formo unggul dari Calya sebab hampir mendekati dimensi Toyota Avanza. Diakui oleh Wuling Motors jika Formo mengadopsi MPV mereka yaitu Wuling Confero. Formo memiliki dimensi panjang 4.493 mm, lebar 1.691 mm dan tinggi 1.715 mm serta jarak poros roda 2.720 mm. Sedangkan Toyota Calya memiliki dimensi panjang 4.070 mm, lebar 1.655 mm dan tinggi 1.600 mm.

Dari segi mesin, Calya menggunakan mesin 3NR-VE 4-silinder 1.2L dengan teknologi Dual VVT-I. Sedangkan Formo menggunakan mesin 1.2L 4-silinder DOHC I-VVT.

Mesin Calya mampu menghasilkan tenaga maksimal 85HP pada 6.000 rpm dan torsi puncak 107 Nm pada 4.200 rpm. Sedangkan mesin Wuling Formo menghasilkan tenaga 77HP pada 5.600 rpm dan torsi maksimal 110 Nm di rentang 3.600-4.600 rpm.

Perbedaan juga ada di sistem penggeraknya. Jika Calya berpenggerak roda depan seperti Xpander, sebaliknya Formo berpenggerak roda belakang. Dilihat dari spesifikasi mesin, Calya lebih unggul soal tenaga namun kalah di torsi.

Bagaimana perbandingan interior dan sistem keselamatan antara Formo dan Calya?

Tipe Formo Minibus sudah dilengkapi dengan electronic power steering (EPS), instrument cluster dengan Multi Information Display (MID), headunit internal AM FM dan koneksi USB, sabuk pengaman di tiga baris jok, power outlet 12V dan power window. Sayang tidak dilengkapi dengan kantong udara dan AC tanpa double blower.

Interior Toyota Calya VS Wuling Formo

Sedangkan Calya sudah dilengkapi dengan AC yang didesain dapat mengalirkan udara dingin ke bagian belakang untuk kenyamanan penumpang. Toyota Calya juga sudah menggunakan fitur keselamatan diantaranya Dual SRS Airbag, Rear Parking Sensor dan Anti-Lock Braking System (ABS).

Harga Wuling Formo Lebih Murah dari Toyota Calya, Ini Perbandingan Keduanya,


Diterbitkan pada: Jumat, 9 November 2018
Rating : 4.67 / 5 dari 3 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Pria ganteng ini sangat menyukai dunia dunia otomotif dan olahraga terutama motogp. Di jeripurba.com Ari menjadi kontributor dan menulis untuk kategori otomotif dan motogp.

author

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika serta bertanggung jawab!. Diskusi hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Harga Wuling Formo Lebih Murah dari Toyota Calya, Ini Perbandingan Keduanya".

Copyright by:
Jeripurba.com copyright