MotoGP

Hasil Kemenangan Dovi “Ducati” di MotoGP Qatar 2019 Menuai Protes Terkait Winglet, Curangkah?

Hasil balapan MotoGP seri pertama di Sirkuit Losail Qatar kini menjadi polemik. Andrea Dovizioso menjadi pemenang setelah duel sengit dengan Marc Marquez. Namun kemenangannya dipertanyakan oleh beberapa tim lawan. Ada apakah?

Ternyata hal itu terkait dengan penggunaan winglet dan ban belakang pada motor Ducati yang dikendarai oleh Dovi selama balapan pada Senin, 11 Maret 2019 dini hari kemarin.

Dilansir dari Motorsport, saat itu Ducati memang memperkenalkan winglet baru yang di posisikan tepat di depan ban belakang. Fungsi winglet tersebut diduga berguna untuk mendinginkan ban belakang selama balapan berlangsung. Meski Danilo Petrucci membantahnya. Menurutnya fungsi winglet bukan untuk itu.

Hasil MotoGP Qatar 2019 Dovi VS Marquez

Hasil MotoGP Qatar 2019 Dovi Juara setelah duel dengan Marquez.

Sebelumnya, penggunaan winglet ini memang telah diuji coba oleh Danilo Petrucci dan juga Andrea Dovizioso.

Pada akhirnya saat balapan berlangsung, Dovizioso sukses memimpin jalannya lomba dan berhasil keluar sebagai juara pertama.

Atas dasar kecurigaan itulah, maka 4 tim pesaing Ducati yaitu Honda, Suzuki, Aprilia dan KTM mengajukan aduan kepada pihak pengawas lomba dan pihak MotoGP.

Hal ini dilakukan untuk meminta penyelidikan dan memberikan keterangan terkait legalitas penggunaan winglet tersebut.

Pihak Ducati telah diminta oleh tim teknis MotoGP menyerahkan winglet tersebut untuk diperiksa guna memastikan apakah hal ini melanggar regulasi atau tidak.

Terbaru, Stewart MotoGP menolak protes yang diajukan oleh Honda, Suzuki, Aprilia dan KTM. Dari hasil investigasi, mereka tak menemukan pelanggaran aturan. Keputusan itu membuat Dovi tetap dinobatkan sebagai juara seri pembuka MotoGP 2019 tersebut.

Empat pabrikan itu kemudian mengajukan banding. Keputusan lanjutan akan diambil oleh Pengadilan Banding FIM, dalam beberapa hari ke depan.

Namun, Direktur Olahraga Ducati, Paolo Ciabatti, mengatakan Ducati yakin winglet tersebut legal. Mereka telah mengumpulkan berbagai informasi tentang penggunaan perangkat tersebut sejak tes pramusim MotoGP 2019.

Seperti yang kita ketahui, Dovi sukses menjadi juara MotoGP Qatar 2019. Pembalap Italia itu konsisten menjalani balapan dari awal. Hingga lap-lap terakhir, dia harus duel dengan Alex Rins dan Marc Marquez.

Kejadian musim 2018 sepertinya terulang. Dimana Dovi unggul tipis dari Marquez, hanya 0.023 detik. Dovi berhak mendapat 25 poin dan memimpin klasemen MotoGP 2019. Via: 0tosia.

Hasil Kemenangan Dovi “Ducati” di MotoGP Qatar 2019 Menuai Protes Terkait Winglet, Curangkah?,


Diterbitkan pada: Selasa, 12 Maret 2019
Rating : 4.50 / 5 dari 4 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Pria ganteng ini sangat menyukai dunia dunia otomotif dan olahraga terutama motogp. Di jeripurba.com Ari menjadi kontributor dan menulis untuk kategori otomotif dan motogp.

author

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika serta bertanggung jawab!. Diskusi hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Hasil Kemenangan Dovi “Ducati” di MotoGP Qatar 2019 Menuai Protes Terkait Winglet, Curangkah?".

Copyright by:
Jeripurba.com copyright