Games dan Aplikasi HP

Setelah di India, Wacana Game PUBG Haram di Indonesia Dipertimbangkan MUI

Wacana game PUBG haram akan dipertimbangkan oleh MUI Jawa Barat. Wacana ini muncul karena aksi teroris yang menewaskan puluhan warga muslim di Masjid Christchurch, Selandia Baru, diduga terinspirasi dari game ini.

Tidak sedikit juga yang mengaitkan jika senjata yang digunakan salah satu pelaku penembakan di Selandia Baru mirip dengan senjata yang ada dalam game PUBG.

Karena game ini dinilai punya efek negatif, beberapa kota di India kini sudah melarangnya. Bagi warga yang kedapatan memainkan game ini akan mendapat sanksi denda bahkan hukuman penjara.

Baca: Di Kota ini Kamu Akan Dipenjara Jika Nekat Main PUBG Mobile.

Game PUBG Haram

Wacana Game PUBG Haram Sedang Dipertimbangkan MUI Jabar.

Gerakan anti game PUBG juga digaungkan di Malaysia. Ulama Malaysia didesak untuk mengeluarkan fatwa haram game PUBG. Hal tersebut disampaikan oleh pemimpin negara bagian di Malaysia, Negri Sembilan Mufti Datuk Mohd Yusof Ahmad.

Menurutnya, permainan PUBG memiliki dampak negatif pada anak-anak dan remaja.

“Saya yakin game ini telah direncanakan sejak lama, Tujuannya adalah membentuk pikiran generasi muda agar menikmati perang, untuk bertarung dan menikmati kegiatan yang ganas. Pemerintah harus memperhatikan karena game sekarang dimasukkan sebagai bagian dari esports.” katanya, mengutip laporan New Straits Times, Rabu (20/2019).

Di Indonesia, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jabar mempertimbangkan mengeluarkan fatwa haram mengenai game PUBG. Pihaknya perlu mengkaji terlebih dahulu dampak-dampak dari bermain game online gawai dan komputer tersebut.

“Tentu kita harus teliti terlebih dahulu mengenai dampak dari game ini,” kata Ketua MUI Jabar Rahmat Syafei, belum lama ini.

Ia menilai pada perinsipnya sesuatu yang memberi dampak negatif secara luas akan dilarang MUI. Apalagi, kata dia, sampai menstimulus seseorang untuk melakukan tindakan kejahatan.

“Kami belum melakukan fatwa. Tapi secara umum kalau (PUBG) berdampak merusak jadi tidak boleh. Akan kami pertimbangkan buat fatwa supaya perlu ada menutup jalan sebuah kejahatan,” tutur Syafei. Via: detlk.

Setelah di India, Wacana Game PUBG Haram di Indonesia Dipertimbangkan MUI,


Diterbitkan pada: Rabu, 20 Maret 2019
Rating : 4.50 / 5 dari 2 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Pria ganteng yang akrab dipanggil Randy ini memiliki rasa ingin tahu yang besar terhadap dunia teknologi. Di Jeripurba.com dia menulis berita untuk kategori Gadget, Hardware, Software dan Aplikasi.

author

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika serta bertanggung jawab!. Diskusi hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Setelah di India, Wacana Game PUBG Haram di Indonesia Dipertimbangkan MUI".

Copyright by:
Jeripurba.com copyright