HP Smartphone Terbaru

Harga Samsung Galaxy S5 Di Indonesia 8,5 Jutaan – Spek Prosesor Exynos Bukan Snapdragon

Harga Samsung Galaxy 55 di Indonesia ternyata lebih murah dari harga dipasaran Eropa. Ya, mengingat spesifikasi prosesor yang digunakan bukan merupakan prosesor Snapdragon 801 seperti varian yang dipasarkan di Inggris dan beberapa negara di Eropa lainnya. Meski belum ada info yang valid dari Samsung Electronic Indonesia mengenai spesifikasi Galaxy S5 yang dijual di Indonesia, namun sedikit info yang dikutip dari tempo (19 Maret 2014), Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia (PT.SEIN), Febri Rusli, dalam acara Samsung Galaxy S5 Media Pre Brief mengungkapkan, jika jenis Galaxy S5 yang dijual dipasar Indonesia bukan merupakan produk Galaxy S5 LTE karena belum didukungnya jaringan 4G di Indonesia.

Itu berarti, spesifikasi Samsung Galaxy S5 yang ada di Indonesia tidak “segahar” versi yang telah diperkenalkan sebelumnya. Untuk diketahui, versi Galaxy S5 yang diperkenalkan dalam ajang Mobile World Congress 2014 di Barcelona dan telah dipasarkan dibeberapa negara Eropa menggunakan prosesor terbaru dari Qualcomm yaitu Snapdragon 801, Krait 400 berkecepatan 2,5 GHz dipadukan dengan GPU Adreno 330. Dalam benchmark, prosesor yang dipasangkan pada versi Galaxy S5 LTE ini merupakan prosesor smartphone tercepat yang ada dipasaran saat ini.

Benchmark Prosesor Exynos 5422

Benchmark Prosesor Snapdragon 801 dan Exynos 5420 – cnx-software.com

Lalu Galaxy S5 yang dipasarkan Indonesia sendiri?, Febri Rusli menambahkan jika Samsung Galaxy S5 yang dipasarkan di Indonesia menggunakan prosesor Quad Core 1,9 GHz + Quad Core 1,3 GHz. Namun tidak dijelaskan rincian jenis dan chipset apa yang digunakan.

Spesifikasi Samsung Galaxy S5 Di Indonesia

Gambar Samsung Galaxy S5 Tampak Depan

Nah, berdasarkan info sebelumnya mengenai pengajuan sertifikasi melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika, varian Galaxy S5 di Indonesia disebut-sebut merupakan seri SM-G900H. Seri ini sudah masuk ke pengajuan sertikasi pada Januari 2014 yang lalu dengan status SP3. Ada tiga, berasal dari Cina, Vietnam dan Korea.

Permohonan Sertifikasi Samsung Galaxy S5 (SM-G900H) - www.postel.go.id

Permohonan Sertifikasi Samsung Galaxy S5 (SM-G900H) – www.postel.go.id

Data-data mengenai seri SM-G900H dapat dilihat dari hasil benchmark AnTuTu Cina, tertera jika seri Galaxy S5 SM-G900H menggunakan prosesor Exynos 5422 (8 core) dengan GPU Mali-T628. Sedangkan data benchmark dari gfxbench.com (3D Graphics Peformance) juga sama, jenis prosesor yang digunakan pada seri SM-G900H yaitu prosesor Exynos 5 Octa Core. Jika dilihat dari Wikipedia, prosesor jenis ini terdiri dari prosesor quad core ARM Cortex-A15 2,1 GHz dan prosesor quad core ARM Cortex-A7 1,5 GHz.

Benchmark Samsung Galaxy S5 (SM-G900H)

AnTuTu Benchmark Samsung Galaxy S5 (SM-G900H)

Namun, jika kita berpatokan dari info dan bocoran dari Product Marketing Manager PT. SEIN, seri Samsung Galaxy S5 versi Indonesia bisa jadi menggunakan jenis prosesor yang digunakan pada Samsung Galaxy Note 3, yaitu jenis Exynos 5 Octa (5420). Terdiri dari prosesor quad core Cortex-A15 berkecepatan 1,8-1,9 GHz dan prosesor quad core ARM Cortex-A7 berkecepatan 1,3 GHz. Prosesor ini menggunakan GPU ARM Mali-T628 MP6.

Fitur Samsung Galaxy S5 Di Indonesia

Gambar Samsung Galaxy S5 Tampak Belakang

Dapat dipastikan, Galaxy S5 yang dipasarkan di Indonesia bukan versi tercepat dari variant Galaxy S5 yang ada. Namun, untuk fitur dan spesifikasi lainnya tetap sama. Hanya kecepatan prosesornya saja yang di downgrade. Selain karena alasan ketiadaan jaringan LTE di Indonesia, dari perhitungan, Samsung sepertinya membidik pasar untuk kalangan kelas menengah. Sedangkan versi LTE yang menggunakan prosesor Snapdragon 801, memang spesifikasinya diperuntukan bagi kalangan kelas atas, dan jika dilihat dari harga, versi LTE tersebut tembus diangka 10 sampai 11 jutaan.

Bandingkan dengan harga Samsung Galaxy S5 di Indonesia yang hanya di hargai 8,5 jutaan. Kecil kemungkinan menggunakan spek dengan prosesor Snapdragon 801 seperti halnya spesifikasi OPPO Find 7 yang menggunakan prosesor jenis ini.

Harga Samsung Galaxy S5 Di Indonesia

Gambar-gambar Samsung Galaxy Indonesia : http://www.samsung.com/id/promotions/galaxys5/

 

Di Indonesia sendiri, phablet terbaru Samsung ini sudah dapat dipesan (pre order) melalui paket bundling dari Telkomsel sedari kemarin, 19 Maret sampai 5 April 2014. Selain Telkomsel, Samsung Electronic Indonesia juga akan membuka sesi pre order Galaxy S5 mulai tanggal 22 Maret sampai 5 April 2014 mendatang melalui situs Dino Market yang merupakan official resmi mereka di alamat www.galaxylaunchpack.com.

Infonya, harga Samsung Galaxy S5 di Indonesia setelah masa pre order berakhir, akan tetap dibanderol diangka 8,5 jutaan dan mulai tersedia dipasaran pada 11 April 2014 mendatang.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Harga Samsung Galaxy S5 Di Indonesia 8,5 Jutaan – Spek Prosesor Exynos Bukan Snapdragon,


Diterbitkan pada: Jumat, 21 Maret 2014
Rating : 4.67 / 5 dari 6 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Harga Samsung Galaxy S5 Di Indonesia 8,5 Jutaan – Spek Prosesor Exynos Bukan Snapdragon".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by:
Jeripurba.com copyright