Sosial Media

Nokia Pernah Dikerjai Dan Diperas Oleh Hacker Sampai Jutaan Euro

Delapan tahun yang lalu, tepatnya tahun 2008 ternyata Nokia pernah diperas oleh hacker sampai jutaan euro. Kasus yang tak pernah terpublish ke media itu akhirnya terungkap setelah dibeberkan oleh MTV News Finlandia. Terkait dengan pemberitaan tersebut, pihak Nokia belum memberikan komentar apapun.

Namun, laman Reuters telah mengkonfirmasi hal tersebut ke pihak kepolisian Finlandia setempat dan mereka membenarkan adanya laporan dari Nokia terkait masalah itu.

“Kami sedang menyelidiki kejahatan pemerasan, dengan Nokia pihak yang dirugikan,” kata Detektif Inspektur Kepala Tero Haapala, tapi menolak untuk memberikan rincian lebih lanjut.

Kejadian bermula ketika sistem komputasi Nokia dibobol oleh seorang hacker. Hacker tersebut berhasil mencuri data-data penting yaitu kode sumber dari sistem operasi Symbian. Hacker inipun menghubungi pihak Nokia dan meminta sejumlah uang yang ditaksir mencapai jutaan euro. Jika keinginan tersebut tidak terpenuhi, sang hacker mengancam akan menyebar luaskan kode sumber Symbian yang berhasil ia curi tersebut.

Nokia Symbian OS

Seperti yang diketahui jika OS Symbian pada waktu itu merupakan OS yang sangat terkenal dan hampir dipakai lebih dari 50 persen ponsel diseluruh dunia. Dengan bocornya kode sumber dan enkripsi OS milik mereka, kemungkinan terburuknya jutaan ponsel Symbian dengan mudah disusupi oleh hacker dengan kode-kode jahat semacam virus atau malware.

Sadar akan fatalnya akibat tersebar luasnya kode sumber Symbian milik mereka, akhirnya Nokiapun mengalah dan memberikan uang yang diminta oleh sang hacker (pemeras) tersebut.

Dengan bantuan polisi setempat, Nokia memberikan sejumlah uang tunai yang diletakkan di parkiran Tempere Finlandia. Sayangnya, setelah uang diambil oleh pemeras tersebut, polisi tidak berhasil menangkap dan kehilangan jejaknya.

Kasus ini sendiri masih terbuka dan polisi terus melakukan penyelidikan siapa yang melakukan pemerasan dan pencurian kode sumber Symbian milik Nokia tersebut.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Nokia Pernah Dikerjai Dan Diperas Oleh Hacker Sampai Jutaan Euro,


Diterbitkan pada: Jumat, 20 Juni 2014
Rating : 3 / 5 dari 1 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright