Otomotif

Keren! Mobil Ini Di Cetak Dengan Printer 3D

Teknologi printer 3D (mesin cetak 3D) kini mulai di terapkan di dunia otomotif. Salah satunya adalah mobil yang mirip GoKart bernama “Strati” ini. Hampir keseluruhan bodinya di cetak dengan teknologi printer 3 dimensi. Dalam ajang NAIAS (North America International Auto Show) 2015 yang berlangsung di Detroit, Amerika Serikat, mobil ini menjadi daya tarik tersendiri karena merupakan inovasi baru didalam dunia teknologi otomotif dan percetakan mesin digital 3D.

Seperti apa penampakan dan rupa dari mobil yang di cetak dengan mesin printer 3D ini?, berikut adalah gambar-gambarnya.

Gambar Mobil Hasil Printer 3D

3D-Printed-Car

Strati - Mobil Yang Di Cetak Dengan 3D Printed Car

Strati – Mobil Yang Di Cetak Dengan 3D Printed Car.

Meski jauh dari kesan mewah seperti mobil-mobil termahal di dunia yang memiliki bodi dengan kombinasi warna cerah dan mengkilap serta dilapisi dengan bahan metal atau chrome, “strati” menjadi mobil pertama di dunia yang di buat dengan mesin cetak 3D.

Adalah Local Motors, sebuah perusahaan teknologi yang berada di Amerika Serikat. Dalam ajang NAIAS 2015, tak hanya menampilkan strati saja, mereka juga memperagakan proses pembuatan mobil ini dengan mesin printer 3D. Seperti yang diberitakan oleh laman Time.com (13-01-2015), proses pembuatan Strati hanya membutuhkan waktu kurang lebih 44 jam saja.

Nah, jika desainnya di buat dengan mesin cetak 3D, lalu bagaimana dengan spesifikasi mesinnya sendiri?. Dari data yang ditampilkan oleh situs resmi Local Motors, diketahui jika Strati merupakan sebuah mobil yang di tenagai oleh mesin listrik ( mobil listrik ). Berikut detail spesifikasi dari mobil yang di cetak dengan printer 3D ini:

  • Body – Approx. 212 layers, direct digital manufactured vehicle (DDMV), carbon fiber reinforced ABS plastic.
  • Engine – 100% electric.
  • Top Speed – approx. 50mph*.
  • Battery – 6.1 kwh battery, 62-mile range, 3.5-hour charge time.
  • Motor – 5 bhp or 17 bhp, 42 lb-ft torque*.
  • Transmission – Automatic, single speed.
  • Features – electronic engine immobilizer, regenerative disc brakes.
  • Drivetrain – front and rear, rear- wheel drive.
  • Wheels – custom made by Fifteen52.

Lalu berapa harga mobil ini?. CEO Local Motors Jay Roger menyatakan jika Strati akan dilepas dikisaran $18.000 atau sekitar Rp 225 jutaan sampai $30.000 atau sekitar Rp 374 jutaan.

Strati-3D-Printed-Car

Jika Anda tertarik dengan mobil ini, Anda dapat mengunjungi laman resminya di alamat https://localmotors.com. Selain Strati, Local Motors juga membuat mobil yang di cetak dari mesin printer 3D dengan konsep dan model lain seperti jenis-jenis mobil sedan, dsb. Menariknya, disini Anda juga dapat membuat sebuah mobil dengan konsep dan desain dari Anda sendiri.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Keren! Mobil Ini Di Cetak Dengan Printer 3D,


Diterbitkan pada: Kamis, 15 Januari 2015
Rating : 3.67 / 5 dari 3 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright