Sosial Media

Surat Permintaan Maaf Lenovo Terkait Malware Superfish

Setelah banyak menuai protes, akhirnya Peter Hortensius selaku Chief Technology Officer Lenovo menulis surat permintaan maaf secara resmi terkait malware “Superfish” yang sengaja ditanamkan dibeberapa laptop dan notebook terbaru mereka. Selain meminta maaf, Lenovo diketahui telah memberikan bantuan bagaimana cara menghapus tuntas malware Superfish tersebut. Baik secara manual maupun dengan cara otomatis melalui software “Automatic Removal Tool”.

Meski sebelumnya Lenovo menyatakan jika “superfish” dibuat bukan untuk tujuan negatif, namun para peneliti keamanan cyber menemukan fakta sebaliknya. Karena sifatnya yang dapat menyamarkan diri di situs-situs terenkripsi, Superfish rentan disalah gunakan dan dapat dimanfaatkan untuk kepentingan yang tidak di inginkan. Setelah menjadi isu dan pemberitaan hangat, barulah pihak Lenovo mematikan server Superfish dan berjanji tidak akan menanamkan kembali adware sejenis itu kedepannya untuk produk-produk mereka.

Lenovo Logo

Dalam surat itu juga, selain menyatakan berhenti dan tidak akan menanamkan aplikasi Superfish kedalam produk-produk mereka kedepan, Lenovo akan mengambil langkah-langkah konkret seperti bekerja sama dengan perusahaan keamanan dunia seperti Symantec, McAfee dan Microsoft untuk mengambil langkah cepat terkait dengan malware Superfish ini demi memperbaiki tingkat kepercayaan konsumen mereka.

Dengan adanya pembaharuan / update, nantinya sistem Windows dan antivirus khususnya Symantec dan McAfee akan mendeteksi keberadaan Superfish di laptop Lenovo dan menghapusnya jika penggunanya melakukan pembaharuan Windows / update database antivirus ke versi yang terbaru.

Sebagai informasi, perusahaan asal China itu juga telah merilis daftar laptop Lenovo yang kemungkinan besar terkena Superfish didalamnya. Untuk itu, bagi Anda yang menggunakan laptop atau notebook Lenovo yang ada dalam daftar tersebut, selain dapat dihapus dengan cara manual dan menggunakan software “Automatic Removal Tool” dari Lenovo, malware ini dapat juga dibasmi dengan cara memperbaharui sistem Windows dan Antivirus yang Anda gunakan.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Surat Permintaan Maaf Lenovo Terkait Malware Superfish,


Diterbitkan pada: Selasa, 24 Februari 2015
Rating : 3.50 / 5 dari 2 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright