Tips dan Trik

5 Tips Sebelum Membeli Smarthone Kelas Atas

Berencana membeli smartphone kelas atas (high-end)?. Jangan terburu-buru. Konsumen cerdas adalah konsumen yang teliti dan setidaknya telah mengetahui fitur dan spesifikasi dari smartphone yang akan dibelinya. Apalagi dengan harga yang tidak murah. Tidak ada salahnya untuk melihat review atau perbandingan smartphone satu dengan smartphone lainnya. Berikut adalah tips dan beberapa hal yang mesti diperhatikan sebelum terlanjur membeli smartphone kelas atas yang dimaksud.

Spesifikasi prosesor.
Bagi yang awam, cukup dengan mengetahui jumlah inti (core) dari prosesor smartphone tersebut. Apakah menggunakan prosesor single core (1 core), dual core (2 core), quad core (4 core), hexa core (6 core) atau octa core (8 core). Teorinya, semakin banyak inti prosesor, kinerja dalam memproses data semakin baik. Kemudian perhatikan juga kecepatan clock-nya, seperti 1,2 GHz, 1,8 GHz, 2,2 GHz, dst. Semakin tinggi angkanya maka semakin baik smartphone tesebut. Yang terakhir adalah desain arsitekturnya. Secara teori, arsitektur 64 bit lebih baik dari prosesor 32 bit.

Kapasitas RAM.
Prosesor dengan inti banyak harus di tunjang dengan kapasitas RAM yang besar. Seperti misalnya pada smartphone Android. Umumnya aplikasi Android terkini sangat haus akan pemakaian memori (RAM). Apalagi aplikasi-aplikasi yang terus aktif dan berjalan di background seperti misalnya aplikasi Facebook Messenger, aplikasi BBM, Twitter, WhatsApp, dsb. Meski tidak dibuka, aplikasi-aplikasi ini terus menggunakan RAM. Semakin banyak Anda menginstal aplikasi seperti itu, semakin banyak pula RAM terkuras. Untuk itu, kapasitas RAM minimal 2 GB adalah hal wajib dimiliki oleh smartphone kelas atas.

Kecepatan Kamera.
Sektor kamera adalah hal yang perlu diperhatikan juga dalam membeli smartphone kelas atas. Percuma sebuah smartphone memiliki mega piksel yang tinggi dan menghasilkan gambar berkualitas jika butuh waktu yang lama saat membukanya. Faktor lain yang paling penting adalah kemampuannya menangkap objek yang sedang bergerak (auto focus) atau saat pengambilan gambar dalam keadaan bergerak.

Kecepatan jaringan.
Era jaringan internet kecepatan tinggi atau 4G LTE di Indonesia sudah didepan mata. Jika tidak ingin ketinggalan, fitur ini harus didukung penuh pada smartphone kelas atas yang akan dibeli. Nilai plus jika smartphone tersebut memiliki dan mendukung dual sim card (dua kartu sim) 4G LTE.

Kapasitas baterai dan Kecepatan pengisian daya.
Banyak smartphone kelas atas yang memiliki performa tinggi namun sangat boros dalam pemakaian daya baterai. Untuk itu ketahui berapa mAh kapasitas baterai smartphone tersebut. Logikanya, baterai 4000 mAh tentu lebih lama bertahan bila dibandingakan dengan baterai berkapasitas 3100 mAh. Selain itu, faktor pengisian daya juga mesti diperhatikan. Beberapa smartphone kelas atas saat ini telah dilengkapi dengan fitur quick / fast charging yang mampu melakukan pengisian daya cepat tanpa harus menunggu berjam-jam lamanya.

Tips Membeli Smartphone Kelas Atas

Jajaran Smartphone Kelas Atas 2015.

Selain hal-hal diatas, tentu masih banyak faktor lain yang mesti diperhatikan sebelum membeli smartphone kelas atas. Seperti misalnya kapasitas penyimpanan memori internal, dukungan slot memori eksternal, fitur konektivitas seperti bluetooth, fitur multimedia, dsb. Namun yang paling penting untuk diperhatikan adalah ke-5 hal diatas selain tentunya faktor harga dan budget yang tersedia.

Baca juga : Smartphone High-End Tercepat Saat ini.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

5 Tips Sebelum Membeli Smarthone Kelas Atas,


Diterbitkan pada: Jumat, 3 Juli 2015
Rating : 4.75 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "5 Tips Sebelum Membeli Smarthone Kelas Atas".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by:
Jeripurba.com copyright