Tips dan Trik

Hati-hati dengan Wifi Gratis! Ini Cara Bijak Gunakan Free Wifi

Melihat perkembangan teknologi dan informasi yang begitu pesat di Indonesia, semakin banyak ditemui pula jaringan koneksi internet yang sangat mudah untuk diakses. Terbukti dari banyaknya fasilitas free Wifi connection yang banyak ditemui di tempat-tempat umum, seperti di café, restoran, perpustakaan, dan lain sebagainya.

Meskipun memang memberikan kemudahan untuk diakses, nyatanya kita harus tetap waspada dalam menggunakannya karena bisa memicu pada cyber crime, seperti pencurian informasi pribadi dan lain-lain. Untuk itulah di bawah ini ada beberapa tips bijak dalam menggunakan koneksi internet gratis.

Tips Aman Menggunakan WiFi Gratis

Tips Aman Menggunakan WiFi Gratis.

Yang pertama adalah penggunaan password. Dengan adanya password pada free wifi yang akan diakses, hal ini tidak serta merta membuat koneksi wifi tersebut aman dari cyber crime. Hal ini seringkali menjadi pemicu penjahat cyber untuk mengelabui seseorang.

Tips yang kedua, segera matikan koneksi wifi ketika memang anda tidak sedang menggunakan jaringan internet. Cara ini bisa membantu menjaga data pribadi anda dari tindak cyber crime. Tips berikutnya, disarankan untuk jangan pernah mencoba akses e-banking atau internet banking melalui koneksi wifi umum, karena bisa memicu pencurian akun.

Tips berikutnya, anda juga bisa mendownload plug in tertentu yang bisa membantu memproteksi dari hal-hal mencurigakan yang terjadi ketika anda tengah melakukan browsing di Internet.

Selanjutnya, jangan lupa untuk selalu waspada ketika anda akan menggunakan VPN atau virtual private network. Metode seperti ini juga akan efektif dalam memproteksi data dimana layanan dari VPN bisa melakukan enkripsi  pada semua data yang anda masukkan atau kirimkan melalui jaringan free wifi itu sendiri.

Selain itu, jangan lupa untuk menyematkan anti virus dan software keamanan lainnya di laptop atau PC anda agar semakin meminimalisir terjadinya pencurian data pribadi anda dan tindak cyber crime lainnya yang sangat membahayakan.

Link: download antivirus Kaspersky 2016 untuk Windows 10.


Itulah beberapa tips penting berkaitan dengan cara bijak dalam memanfaatkan jaringan free wifi. Terlepas dari kemudahan akses, free wifi di tempat umum juga tentu penting untuk diwaspadai guna melindungi informasi pribadi atau privasi tertentu yang anda miliki.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Hati-hati dengan Wifi Gratis! Ini Cara Bijak Gunakan Free Wifi,


Diterbitkan pada: Minggu, 20 Desember 2015
Rating : 4.25 / 5 dari 8 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Hati-hati dengan Wifi Gratis! Ini Cara Bijak Gunakan Free Wifi".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by: