Otomotif

Ini Penyebab Motor Matik Boros Minyak dan Kiat Mengatasinya

Banyak yang beranggapan jika motor matik boros akan konsumsi bahan bakar. Padahal hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Kebanyakan pengguna motor skutik tidak menyadari jika kebiasaan mereka berkendaralah menjadi salah satu faktor borosnya penggunaan bahan bakar. Beberapa kebiasaan tersebut diantaranya adalah:

Menggeber gas.
Menarik gas dengan tiba-tiba sangat berpengaruh dengan konsumsi bahan bakar karena hal itu langsung berhubungan dengan sistem transmisi motor matik. Sebaiknya hindari kebiasaan menggeber gas. Selain menghemat bahan bakar, menarik gas dengan halus bisa memperpanjang usia komponen mesin dan transmisi motor matik.

Jenis Bahan Bakar Murah.
Tujuan membeli dan mengisi jenis bahan bakar minyak yang murah tentu saja adalah untuk menghemat biaya pengeluaran. Namun ternyata itu tidak sepenuhnya benar. Motor matik sebenarnya kurang cocok dengan bahan bakar jenis premium. Butuh bbm dengan nilai oktan yang tinggi agar sistem pembakaran motor matik menjadi optimal. Dengan begitu penggunaan bahan bakar tentu menjadi lebih efisien.

Membawa Beban Berlebihan.
Motor matik didesain dengan ruang yang lebih luas dibandingkan dengan motor bebek lainnya. Sehingga banyak pengendara memanfaatkannya untuk membawa barang-barang diatasnya. Namun semakin berat beban yang dibawa maka semakin berat pula kinerja atau tarikan motor yang berimbas semakin borosnya penggunaan bahan bakar minya.

Tekanan Ban.
Meski nampaknya sepele, tekanan ban juga mempengaruhi penggunaan bahan bakar pada motor matik. Jika ukuran tekanan ban dibawah normal atau sedikit kempis, kinerja motor cukup terbebani.

 

Cara Agar Motor Matik Irit (Tidak Boros) Bahan Bakar.

Selain memperhatikan empat penyebab bahan bakar minyak motor matik boros yang disebutkan diatas, ada beberapa kiat yang bisa dilakukan agar penggunaan bbm skutik Anda lebih efisien.

Rutin Memeriksa Komponen dan Oli Transmisi.
Agar penggunaan bbm motor matik tidak boros, lakukan pemeriksaan secara rutin terhadap komponen-komponen transmisi. Jangan samapai salah satu komponen mengalami kerusakan karena bisa mempengaruhi komponen lainnya. Disamping itu ganti oli transmisi jika sudah memasuki waktu penggantian.

Rutin Memeriksa Aki dan Oli Mesin.
Motor matik terbaru yang sudah menggunakan teknologi injeksi pada sistem bahan bakarnya erat kaitannya dengan sistem elektronik dan arus listrik yang stabil. Komponen penting yang harus diperiksa adalah Aki. Apabila Aki dalam keadaan tidak optimal, tentu akan mempengaruhi sistem injeksi dan perangkat elektronik pada motor matik. Oli juga harus rutin diganti untuk mendapatkan kinerja mesin motor yang optimal.

Servis Berkala.
Lakukan servis berkala supaya kondisi mesin motor matik dalam keadaan terbaik.

Itulah beberapa tips perawatan motor matik agar penggunaan bahan bakar minyak tidak boros (lebih optimal).

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Ini Penyebab Motor Matik Boros Minyak dan Kiat Mengatasinya,


Diterbitkan pada: Selasa, 20 September 2016
Rating : 4.45 / 5 dari 11 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Pria ganteng ini sangat menyukai dunia dunia otomotif dan olahraga terutama motogp. Di jeripurba.com Ari menjadi kontributor dan menulis untuk kategori otomotif dan motogp.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Ini Penyebab Motor Matik Boros Minyak dan Kiat Mengatasinya".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by: