MotoGP

Rossi Akui Marquez Pantas Mendapat Gelar Juara Dunia MotoGP 2016

Jeripurba.com – Marc Marquez meraih titel juara dunia MotoGP 2016 usah GP Jepang (Minggu, 16 Oktober 2016) siang wib. Selain gelar yang sangat bergengsi dikelas MotoGP, pebalap Repsol Honda itu sukses menjadi yang tercepat dan keluar sebagai juara pertama disana.

Gelar juara dunia MotoGP 2016 tersebut sebelumnya tidak disangka akan diraihnya di Jepang. Bahkan tim Repsol Honda juga belum yakin jika Marquez bisa mengunci gelar juara musim ini dikandang mereka sendiri. Sebab, pesaing terdekat Marquez yaitu duo Movistar Yamaha, Rossi dan Lorenzo memiliki poin yang belum memungkinkannya meraih gelar itu jika saja keduanya bisa finis dibarisan terdepan.

Valentino Rossi Sebut Jika Marquez Pantas Mendapat Gelar Juara Dunia MotoGP 2016.

Valentino Rossi Sebut Jika Marquez Pantas Mendapat Gelar Juara Dunia MotoGP 2016.

Sayangnya, keberuntungan belum berpihak untuk Rossi dan Lorenzo. Keduanya terpaksa harus mencium panasnya aspal sirkuit Motegi Jepang.

Di GP Jepang Rossi terlihat cukup prima. Beberapa kali The Doctor saling overtake dengan Marquez. Tontotan seru persaingan keduanya berlangsung sejak awal lap hingga memasuki lap kedua. Setelah itu Marquez mampu mengasapi Rossi.

Karena didahului Marquez, Rossi terlihat mulai kurang konsentrasi. Akhirnya dia melakukan kesalahan dan terjatuh di tikungan ke 10 saat balapan masih menyisakan 18 putaran lagi.

Hal yang sama juga diperlihatkan oleh Lorenzo. Dia bahkan cukup lama memimpin balapan di GP Jepang sebelum akhirnya juga terpaksa menghirup asal knalpot motor Marquez.

Tidak lama diovertake oleh Marquez, Lorenzo juga crash di tikungan 9 ketika balapan tinggal 13 putaran lagi. Praktis Marquez melaju didepan dan cukup jauh jarak dengan Dovizioso yang langsung naik keposisi 2. Sementara diposisi ketiga di tempati oleh Maverick Vinales yang sebelumnya beradu cepat dengan Aleix Espargaro

Atas prestasi yang diraih oleh Marquez, duo pebalap Movistar Yamaha, Lorenzo dan Valentino Rossi yang merupakan rival terdekatnya menyebut jika Marquez memang pantas mendapatkannya.

“Marquez resmi menjadi pemenang, terbaik dan yang paling konsisten selama musim ini. Dia tidak memiliki keunggulan mekanis, namun dia tercepat secara keseluruhan dan lebih teratur. Saya merasa jika dia memang berhak untuk bisa mengklaim gelar juara dunia MotoGP 2016. Dia adalah pemenang sejati,” puji Lorenzo, seperti yang dikutip dari laman Crash hari ini, Senin (17-10-2016).

Hal senada juga diungkapkan oleh rekan Lorenzo, Rossi.

“Ya dia layak menjadi juara. Tak hanya menjadi pembalap paling konsisten, Marquez juga melaju sangat cepat dan memenangkan banyak race,” ungkap Rossi.

Setelah mengunci gelar juara dunia MotoGP 2016 di Motegi Jepang, perebutan runner up akan terjadi antara duo Movistar Yamaha, Rossi dan Lorenzo. Saat ini keduanya hanya terpaut 14 poin dan masih memungkinkan bagi mereka untuk bersaing memperebutkannya hingga akhir musim MotoGP 2016.

 

Berikut klasemen MotoGP 2016 usai GP Jepang:

1 . Marc Marquez – 273 poin.
2 . Valentino Rossi – 196 poin.
3 . Jorge Lorenzo – 182 poin.
4 . Maverick Vinales – 165 poin.
5 . Dani Pedrosa – 155 poin.
6 . Andrea Dovizioso – 124 poin.
7 . Cal Crutchlow – 116 poin.
8 . Pol Espargaro – 106 poin.
9 . Andrea Iannone – 96 poin.
10 . Hector Barbera – 84 poin.
11 . Aleix Espargaro – 82 poin.
12 . Eugene Laverty – 71 poin.
13 . Alvaro Bautista – 63 poin.
14 . Scott Redding – 62 poin.
15 . Danilo Petrucci – 58 poin.
16 . Stefan Bradl – 55 poin.
17 . Bradley Smith – 45 poin.
18 . Jack Miller – 42 poin.
19 . Michele Pirro – 36 poin.
20 . Tito Rabat – 29 poin.
21 . Loris Baz – 24 poin.
22 . Yonny Hernandez – 17 poin.
23 . Katsuyuki Nakasuga – 5 poin.
24 . Alex Lowes – 3 poin.
25 . Nicky Hayden – 1 poin.
25 . Hiroshi Aoyama – 1 poin.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Rossi Akui Marquez Pantas Mendapat Gelar Juara Dunia MotoGP 2016,


Diterbitkan pada: Senin, 17 Oktober 2016
Rating : 4.50 / 5 dari 10 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Rossi Akui Marquez Pantas Mendapat Gelar Juara Dunia MotoGP 2016".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by: