Otomotif

Fitur, Keunggulan dan Harga Suzuki New Ertiga Diesel Hybrid

Jeripurba.com – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) resmi meluncurkan New Ertiga Diesel Hybrid di U-Thai Restoran, Sudirman, Jakarta Selatan (07-02-2017). Mobil ini dibekali dengan mesin diesel berteknologi hybrid dan merupakan mobil pertama di Indonesia yang mengusung teknologi hybird di kelas low MPV.

Selain menjadi satu-satunya low MPV yang mengusung mesin diesel berteknologi hibrida, Suzuki New Ertiga Diesel Hybird juga menjadi mobil hybrid termurah yang pernah dipasarkan di Indonesia.

Gambar Suzuki New Ertiga Diesel Hybrid.

Gambar Suzuki New Ertiga Diesel Hybrid. (kompas)

Fitur dan Keunggulan Suzuki New Ertiga Diesel Hybrid.

Mobil keluarga yang bisa memuat 7 orang didalamnya ini dibekali dengan mesin Diesel dengan kode D13A. Kapasitas mesin Suzuki New Ertiga Diesel Hybrid adalah 1300cc DOHC. Mesin ini dilengkapi dengan DDiS (Diesel Direct Injection System) yang diklaim bisa meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar diesel.

Mesin diesel pada mobil Suzuki Ertiga Hybrid ini memiliki transmisi manual lima percepatan dengan torsi yang lebih besar bila dibandingkan dengan Ertiga bensin. Mesin Diesel berteknologi Hybrid tersebut mampu menghembuskan tenaga hingga 89 PS pada 4.000 rpm dan torsi 200 Nm pada 1.750 rpm.

Beberapa keunggulan teknologi dan mesin diesel hybrid pada New Ertiga Diesel Hybrid.

Gear Shift Indicator.
Fitur ini memberikan kemudahan untuk pengemudi. Berfungsi untuk menunjukkan posisi gigi transmisi yang optimum pada New Ertiga Hybrid. Jika lampu indikator menunjuk ke angka 4, pengemudi harus segera menaikkan gigi transmisi. Jika menunjukkan angka 3, pengemudi tidak perlu merubah posisi gigi. Sementara jika indikatornya menunjukkan ke angka 2, maka pengemudi harus menurunkan posisi gigi transmisi. Teknologi Gear Shift Indicator di Suzuki New Ertiga Diesel Hybrid ini belum diadopsi oleh mobil lain di segmen low MPV.

Kelebihan New Ertiga Diesel Hybrid - Gear Shift Indicator

Kelebihan New Ertiga Diesel Hybrid – Gear Shift Indicator.

Idle Stop (Restart System).
Teknologi ini bekerja untuk menghemat konsumsi bahan bakar dan mengurangi emisi gas. Saat mobil berhenti, posisi mobil secara otomatis akan berada dalam kondisi idel. Saat idle, baterai akan berfungsi dan menggantikan fungsi sistem kelistrikan mobil. Fitur ini akan bekerja dengan sendirinya manakala mesin dalam keadaan idle, pengemudi menggunakan seat belt, kap dan pintu mobil tertutu rapat, posisi gigi netral serta pengemudi tidak menginjak pedal kopling mobil. Saat mobil kembali berjalan, ISG (integrated starter generator) akan bekerja dan baterai akan merestart mesin dengan getaran yang halus dan tidak meninggalkan suara yang mengganggu didalam kabin mobil.

Brake Energy Regeneration.
Tenaga yang keluar saat perlambatan secara otomatis akan tersimpan ke baterai dengan bantuan ISG (integrated starter generator).

Torque Assist Function.
Selain berfungsi menyalurkan tenaga untuk menyimpannya ke baterai, ISG juga dapat memanfaatkan energi pada baterai dan mengubah perannya menjadi motor. ISG juga memberikan tenaga dorong untuk membantu kinerja mesin. Dengan begitu putaran mesin mobil menjadi lebih ringan dan dapat menghemat penggunaan bahan bakar karena saat mobil berakselerasi, beban mesin menjadi berkurang, demikian penjelasan Harold Donnel, selaku Head of Brand Development & Marketing Research 4W PT SIS).

Teknologi dan Mesin Hybrid Suzuki New Ertiga Diesel

Teknologi dan Mesin Hybrid Suzuki New Ertiga Diesel.

Selain memiliki keunggulan dari segi mesin dan teknologi hybrid yang dipakai, Suzuki New Ertiga Diesel Hybrid tetap di lengkapi dengan fitur-fitur yang disematkan pada mobil-mobil masa kini seperti:

Keamanan dan Keselamatan Suzuki New Ertiga Diesel Hybrid.
Fitur ABS – EBD, Dual SRS Air Bag, Leveling lamp, sensor parkir empat titik dan kaca anti kabut.

Mewah.
New Ertiga Diesel Hybrid tetap menonjolkan interior dan eksterior yang elegan dan memberikan kesan mewah dikelasnya.

Harga Ertiga Diesel Hybrid.

Gambar Ertiga Diesel Hybrid Tampak Samping.

Irit.
Hadirnya teknologi mesin hybrid terbaru (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki) serta dilengkapi dengan ISG (Integrated Starter Generato) membuatnya menjadi mobil irit bahan bakar dikelasnya. Ini dibuktikan dengan hasil tes jalan yang dilakukan BT2MP-BPPT pada bulan Januari 2017 lalu. Konsumsi BBM-nya mencapai 22,6 km per liter.

Nyaman.
Fitur kenyamanan tetap di prioritaskan pada mobil hybrid ini seperti misalnya Air Conditioning Heater, Gear Shift Indicator dan Day Night Mirror.

Pilihan Warna dan Harga Suzuki Ertiga Diesel Hybrid.

Saat ini New Ertiga Diesel Hybrid baru tersedia untuk tipe transmisi manual (M/T). Warna yang tersedia diantaranya adalah Suzuki Ertiga Diesel Hybrid warna putih (Superior White), Granite Grey Metalic, dan Ertiga Diesel Hybrid warna silver (Silky Silver Metalic).

Harga Suzuki New Ertiga Diesel Hybrid

Peluncuran Suzuki New Ertiga Diesel Hybrid di Jakarta. (suzuki)


Untuk wilayah Jabodetabek, harga Ertiga Diesel Hybrid dibanderol Rp 219.500.000. Itu berarti harga mobil hybrid ini hanya selisih Rp 5,5 juta dengan Ertiga bensin tipe GX MT.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Fitur, Keunggulan dan Harga Suzuki New Ertiga Diesel Hybrid,


Diterbitkan pada: Rabu, 8 Februari 2017
Rating : 4.64 / 5 dari 11 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Fitur, Keunggulan dan Harga Suzuki New Ertiga Diesel Hybrid".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by:
Jeripurba.com copyright