Games dan Aplikasi HP

Info Banjir (Jakarta) ? Begini Cara Memantau dan Melaporkannya

Jeripurba.com – Indonesia memasuki musim penghujan dan cuaca ekstrim. Sejumlah daerah mengalami musibah banjir, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta dan Tanggerang. Selain melanda pemukiman, banjir juga merendam beberapa ruas jalan yang biasa digunakan warga untuk beraktivitas.

Bagi Anda yang berdomisili di Jakarta, tentu sangat penting mengetahui info terkini, terutama untuk menghindari kawasan dan jalan yang terendam banjir tersebut. Dengan adanya informasi yang akurat dan real time, Anda atau pengguna jalan lainnya bisa meminimalisir terjebak kemacetan akibat banjir saat hendak menuju ke lokasi yang Anda tuju.

Untuk mengetahui informasi akurat mengenai banjir Jakarta, Anda bisa mengetahuinya melalui media online atau media sosial seperti Facebook, dsb. Kabar baiknya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah meluncurkan sebuah website untuk mengetahui perkembangan banjir di wilayah-wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Website tersebut beralamat di PetaBencana.id. Ini merupakan proyek kerjasama antara BNPB, Humanitarian OpenStreetMap Team dan Pacific Disaster Center. Serta bekerjasama dengan aplikasi-aplikasi seperti Twitter, Telegram dan aplikasi lokal Qlue, pasangmata.com, Z-Alert sebagai penyedia datanya.

PetaBencana.id menampilkan peta yang didalamnya terdapat informasi mengenai banjir terutama banjir Jakarta, Bandung dan Surabaya.

Untuk mengetahui informasi terkini mengenai banjir di Jakarta, Anda tinggal menelusuri/ memilih wilayah Jakarta yang ada didalam PetaBencana.id.

Peta Banjir Jakarta dan Indonesia.

Peta Banjir Jakarta dan Indonesia 2017 (PetaBencana.id).

Daerah atau wilayah yang ditandai dengan warna merah artinya Siaga 1. Ketinggian banjir disana lebih dari 150 cm. Sementara daerah yang ditandai dengan warna jingga berarti siaga 2 dengan ketinggian banjir 71 cm sampai dengan 150 cm.

Wilayah yang berwarna kuning berarti Siaga 3 dengan ketinggian banjir 10 cm sampai dengan 70 cm. Sementara yang berwarna hijau berarti Siaga 4, artinya Anda diminta untuk berhati-hati.

Didalam PetaBencana.id juga terdapat beberapa tanda. Salah satunya adalah tanda lingkaran air berwana biru. Tanda ini merupakan tanda yang dikirimkan oleh orang lain yang ikut berpartisipasi memberikan informasi mengenai banjir di wilayah atau jalan yang dia lalui. Anda tinggal klik tanda tersebut untuk melihat info dan deskripsi serta foto yang dikirim oleh pengguna lain.

Ya, selain dapat memantau kondisi banjir terkini di Jakarta, Anda juga dapat berpartisipasi memberikan informasi mengenai banjir yang Anda alami. Dengan informasi banjir yang Anda kirimkan itu, Anda sudah membantu pengguna lain untuk menghindari wilayah banjir tersebut.

Bagaimana cara mengirim informasi banjir ke PetaBencana.id?.

  1. Laporkan Bencana Banjir Menggunakan Aplikasi Twitter. Tuliskan tanda pagar “#banjir” tanpa tanda kutip kemudian mention ke akun twitter @petabencana. Selanjutnya Admin akun Twitter @petabencana akan mengirimkan tautan. Tautan tersebut harus Anda klik/buka. Setelah terbuka, Anda akan diminta untuk memberikan informasi mulai dari lokasi banjir, foto sampai memasukkan keterangan. Setelah laporan Anda diterima/masuk, Anda bisa melihatnya di peta setelah mendapat link/tautan balasan kembali.
  2. Laporkan Bencana Banjir Menggunakan Aplikasi Telegram. Hampir sama dengan Twitter, melalui Telegram Anda harus mengirim teks dengan tulisan “/banjir” tanpa tanda kutip. Kemudian kirim ke bot @BencanaBot. Anda akan menerima tautan/link. Kemudian buka link tersebut untuk mengisi lokasi banjir, deskripsi dan foto untuk dikirim kembali.
  3. Laporkan Bencana Banjir Menggunakan Aplikasi Qlue, PasangMata dan Z-Alert. Jika Anda lebih familiar menggunakan aplikasi Qlue, PasangMata dan Z-Alert, Anda juga bisa memanfaatkan salah satunya. Cari fitur yang ada didalam masing-masing aplikasi tersebut dan ikuti saja langkah-langkah untuk melaporkan kondisi banjir terkini yang Anda alami.

Berikut video cara melaporkan kondisi banjir terkini melalui PetaBencana.id.

Lihat juga: Meme Kocak Banjir Jakarta.

Cukup mudah bukan?. Dengan melaporkan kondisi terkini banjir Jakarta, secara tidak langsung Anda telah membantu masyarakat Jakarta lainnya agar tidak terjebak kemacetan.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Info Banjir (Jakarta) ? Begini Cara Memantau dan Melaporkannya,


Diterbitkan pada: Rabu, 22 Februari 2017
Rating : 4.36 / 5 dari 11 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Info Banjir (Jakarta) ? Begini Cara Memantau dan Melaporkannya".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by:
Jeripurba.com copyright