Sains

9 Juni Nanti Akan Ada Fenomena Alam Mini Moon, Apa itu?

Jeripurba.com – Fenomena alam Mini Moon akan menghampiri Indonesia dan bisa disaksikan pada 9 Juni 2017 mendatang. Nah, apa itu Mini Moon?. Mini Moon adalah fenomena bulan kerdil atau kebalikan dari fenomena alam Super Moon. Mini Moon terjadi disebabkan saat orbit bulan mengelilingi bumi tidak berbentuk lingkaran yang sempurna, tetapi berbentuk elips.

Karena berbentuk elips, menjadikan bulan terkadang berjarak jauh atau lebih dekat dari bumi dan mempengaruhi ukuran piringannya.

Fenomena Alam Mini Moon 9 Juni

Fenomena Alam Super Moon dan Mini Moon. (Peter Lowenstein/earthsky)

Lihat juga: Fakta Menarik Mengenai Penampakan Bulan Biru Atau Blue Moon.

Di Indonesia, fenomena alam Mini Moon mulai terlihat pada jam 20:10 WIB hari Jum’at, 9 Juni 2017. Diwaktu itulah bulan berada pada titik terjauh dari bumi, dan akan terlihat sangat kecil. Sinarnya juga akan terlihat redup akibat jarak yang lebih jauh.

Melansir dari laman astronomi Earthsky, jarak bulan pada 9 Juni nanti adalah 406.401 kilometer atau 50.000 kilometer lebih jauh saat fenomena alam Super Moon yang terjadi pada 25 Mei lalu.

Bila dibandingkan dengan bulan purnama biasa, ukuran bulan sekitar 7 persen lebih kecil. Sedangkan jika dibandingkan dengan Super Moon sekitar 14 persen lebih kecil.

Saat fenomena alam Mini Moon datang, Saturnus juga akan terlihat. Sayangnya, planet itu terlalu redup, tidak bisa melihatnnya dengan mata secera langsung dan harus menggunakan teleskop.

Lihat juga: Fakta-Fakta Mengenai Fenomena Alam Equinox Yang Perlu Anda Ketahui.


Selain Saturnus, akan terlihat juga planet Jupiter dan bisa Anda lihat dengan mata secara langsung karena kecerahannya yang cukup untuk bisa disaksikan dari bumi.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

9 Juni Nanti Akan Ada Fenomena Alam Mini Moon, Apa itu?,


Diterbitkan pada: Senin, 5 Juni 2017
Rating : 4.25 / 5 dari 8 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Cewek yang punya hobi traveling ini menulis untuk kategori internet, sains dan tren media sosial.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "9 Juni Nanti Akan Ada Fenomena Alam Mini Moon, Apa itu?".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by:
Jeripurba.com copyright