Tips dan Trik

Bahaya Sering Main HP Sebelum Tidur Apalagi Sambil Di Cas, Sangat Fatal!

Akibat sering main hp sebelum tidur ternyata memiliki dampak buruk bagi kesehatan lho. Apalagi rutinitas ini dilakukan setiap malam. Risiko yang langsung terasa diantaranya adalah rasa lelah pada mata dan tubuh. Efek ini akan langsung terasa karena jadwal tidur yang terpotong dari waktu tidur normal.

Namun sebenarnya bukan itu yang perlu di waspadai. Melainkan radiasi cahaya biru yang dipaparkan oleh layar hp. Radiasi cahaya inilah yang sangat berbahaya. Fungsi cahaya biru di layar hp sendiri sebenarnya berguna untuk menjaga layar tetap nyaman dilihat ketika pengguna hp berada diluar ruangan, langsung di bawah cahaya matahari.

Efek Radiasi Cahaya Biru Ponsel

Efek Radiasi Cahaya Biru Ponsel. (markdavisoptician)

Baca: 10 Kebiasaan Ini Tanpa Disadari Dapat Merusak Ponsel Anda.

Namun ceritanya menjadi lain ketika pengguna hp terlalu sering menatap layar ponsel mereka. Apalagi menatap layar dalam waktu lama di ruang minim cahaya. Efek radiasi cahaya biru dari layar ponsel inilah yang berbahaya karena dapat menyebabkan gangguan kesehatan mata.

Tidak hanya kesehatan mata, dampak mematikan yang di timbulkan akibat sering main hp bahkan bisa lebih parah dan sangat mematikan.

Meski demikian, mereka yang sudah mengetahui bahaya sering main hp sebelum tidur seolah tak peduli. Ada saja alasan mereka. Mulai hanya sekedar membuka media sosial, browsing hingga main games. Padahal rutinitas itu sangat membahayakan kesehatan mereka sendiri.

Dampak atau akibat terlalu sering main hp memang  tidak langsung terasa untuk kesehatan anggota tubuh lainnya. Efeknya baru terasa dalam jangka waktu lama. Nah, apa saja dampak buruk lainnya akibat terlalu sering main hp sebelum tidur selain merasa lelah?.

Bahaya Main HP Sebelum Tidur Bagi Kesehatan

  • Menyebabkan Kerusakan Mata
Bahaya Main HP Lama Bisa Menyebabkan Kerusakan Mata

Bahaya Main HP Terlalu Lama Bisa Menyebabkan Kerusakan Mata. (gadgetstouse)

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, terlalu lama menatap layar hp sebelum tidur bisa menyebabkan kerusakan mata. Apalagi dalam jangka waktu lama didalam ruang yang minim cahaya. Radiasi cahaya biru pada layar hp mengakibatkan retina mata tegang. Bahkan bisa menimbulkan penyakit katarak seperti yang diungkap oleh dokter spesialis mata dan para peneliti.

  • Menyebabkan Obesitas dan Diabetes.

Tak bisa dipungkiri jika aktivitas main hp sebelum tidur akan menimbulkan rasa lapar. Akibatnya, pengguna hp memiliki dorongan nafsu makan tingggi. Padahal, makan berlebihan di waktu malam sangat tidak di anjurkan.

Akibat Main HP Terlalu Lama Bisa Menyebabkan Obesitas dan Diabetes

Akibat Main HP Terlalu Lama Bisa Menyebabkan Obesitas dan Diabetes. (stepdiet)

Jika kebiasaan makan terlalu malam dilakukan terus menerus, otomatis akan menyebabkan tubuh menerima asupan makanan yang berlebih. Makanan ini tidak bisa di cerna sempurna oleh tubuh, seperti glukosa. Akibatnya, risiko obesitas dan diabetes akan di derita oleh pengguna hp dengan rutinitas ini.

  • Otak Menjadi Lelah
Dampak Main HP Sebelum Tidur

Dampak Main HP Sebelum Tidur – Otak Menjadi Lelah. (ist)

Main hp terlalu lama sebelum tidur bisa membuat otak menjadi lelah. Penjelesannya sederhana. Risiko otak kelelahan bisa terjadi karena waktu tidur normal kurang dari 7 jam. Akibatnya, aktivitas setelah bangun tidur akan terganggu karena otak masih dalam keadaan lelah.

  • Gangguan Saraf
Gangguan Saraf Terjadi Akibat Main HP Sebelum Tidur

Gangguan Saraf Terjadi Akibat Main HP Sebelum Tidur. (nationalbrainappeal)

Fungsi saraf-saraf tubuh akan terganggu jika kebiasan main hp sebelum tidur terus dilakukan. Kurang tidur nyatanya bisa membuat zat bersifat racun didalam tubuh meningkat.

  • Menyebabkan Depresi dan Gangguan Psikologis
Bahaya Main HP Terlalu Lama Bisa Menyebabkan Depresi

Bahaya Main HP Terlalu Lama Bisa Menyebabkan Depresi. (scienceworld)

Seseorang yang terbiasa main hp sebelum tidur umumnya kekurangan waktu tidur. Sehingga fungsi hormon melatonin mengalami gangguan, akibatnya akan merusak mood. Berbagai penelitian menyimpulkan kurang tidur dapat menyebabkan seseorang mengalami gangguan psikologis. Bahkan yang paling mengerikan adalah mengalami depresi. Seseorang yang dilanda deperesi, cenderung melakukan hal-hal negatif.

Itulah beberapa bahaya main hp sambil tidur yang dirangkum dari berbagai sumber terpercaya.

Nah, selain buruk bagi kesehatan, bahaya sering main hp sebelum tidur adalah risiko kecelakaan bahkan bisa menyebabkan kematian. Kok bisa?.

Pengguna hp yang melakukan rutinitas main hp saat akan tidur umumnya berbaring dengan keadaaan hp tersambung dengan charger. Ini perlu diwaspadai.

Bahaya Main HP Sambil Di Cas.

Kebanyakan pengguna hp ketiduran dalam keadaan ponsel masih tersambung ke charger. Kebiasaan ini bisa memperpendek usia baterai jika dilakukan terus-menerus. Baterai hp kembung akhirnya soak dan tidak bisa digunakan lagi.

Bahaya Main HP Sambil Di Cas

Bahaya Main HP Sambil Di Cas – Ponsel Bisa Terbakar atau Meledak. (youtube)

Tak hanya menyebabkan baterai hp cepat soak, bahaya main hp sambil di cas bahkan bisa mengancam nyawa penggunanya.

Saat Anda main hp terutama games-games berat, komponen didalam hp seperti baterai dan prosesor akan bekerja dengan keras dan menimbulkan panas. Disinilah bahaya main hp sambil di cas terlalu lama.

Suhu ponsel yang sudah panas, makin bertambah panas. Jika Anda tidak mematikannya dengan segera, risiko ponsel terbakar atau meledak bisa saja terjadi. Seperti tayangan video dibawah ini.

Lihat juga: Apakah Ngecas Menggunakan Charger Mobil Bisa Merusak HP?.

Untuk itu gunakan ponsel Anda sewajarnya. Lebih baik tinggalkan kebiasaan main hp sebelum tidur demi menghindari dampak buruk yang ditimbulkannya.

Bahaya Sering Main HP Sebelum Tidur Apalagi Sambil Di Cas, Sangat Fatal!,


Diterbitkan pada: Rabu, 21 Juni 2017
Rating : 4.64 / 5 dari 11 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Dian merupakan kontributor untuk kategori gadget, smartphone, tablet dan aplikasi.

author

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika serta bertanggung jawab!. Diskusi hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Bahaya Sering Main HP Sebelum Tidur Apalagi Sambil Di Cas, Sangat Fatal!".

Copyright by:
Jeripurba.com copyright