Lowongan Kerja

Tips Sukses Menghadapi Wawancara Kerja Bagi Pemula

Lulus Kuliah dengan nilai yang memuaskan tidak menjadi jaminan bakal mendapatkan pekerjaan yang bagus. Banyak fresh graduate yang gagal memperoleh profesi yang diimpikan karena terlalu fokus pada mencari contoh lamaran kerja yang baik dan benar. Memang untuk melamar kerja, Anda harus melampirkan surat lamaran kerja beserta CV dan persyaratan lainnya. Namun sebenarnya ada hal yang lebih penting yang harus Anda pelajari, yaitu cara menjawab pertanyaan saat wawancara kerja agar bisa tampil meyakinkan.

Tips Sukses Menghadapi Wawancara Kerja Bagi Pemula

Tips Sukses Menghadapi Wawancara Kerja Bagi Pemula.

Interview kerja biasa dilakukan setelah melalui tahap seleksi. Bagi pelamar yang memenuhi persyaratan, selanjutnya akan masuk ke tahap wawancara kerja untuk mengetahui seberapa besar kemampuan serta kepribadian. Tak jarang banyak pertanyaan jebakan yang dilontarkan untuk mengetahui karakter yang sebenarnya. Selain mempersiapkan penampilan fisik agar terlihat rapi, Anda juga membutuhkan beberapa tips dibawah ini supaya wawancara kerja berjalan lancar dan hasilnya memuaskan.

1. Jawab dengan tegas dan jujur

Jangan menjawab pertanyaan dengan bertele-tele, karena itu akan mempengaruhi penilaian Anda. Para pemberi kerja lebih menyukai pekerja yang tegas dan menunjukkan keseriusannya dalam bekerja. Jadi jawab pertanyaan dengan jujur agar perusahaan dapat memberikan penilaian yang sebenarnya. Ingat tahap wawancara ini sangat menentukan diterima tidaknya Anda oleh perusahaan.

2. Menjawab semua pertanyaan dengan antusias

Menjawab pertanyaan dengan ekspresif dan antusias bisa menunjukkan bahwa Anda adalah pribadi yang bersemangat dalam bekerja. Jika Anda terlihat lemas dan tidak bersemangat, maka perusahaan akan enggan menerima Anda sebagai pekerjanya. Meskipun jawaban yang Anda berikan sangat menarik, namun jika disampaikan dengan gaya berbicara yang malas, akan menurunkan penilaian perusahaan kepada Anda. Kondisi yang lemah dapat disebabkan karena capek atau bahkan sakit. Karena itu bagi Anda pencari kerja yang masih pemula, sebaiknya jaga kondisi badan dengan istirahat yang cukup.

3. Sesuaikan dengan kemampuan

Semua jawaban yang Anda berikan saat wawancara, sebaiknya sesuaikan dengan kemampuan dan pengetahuan Anda. Jangan mengarang jawabannya karena jika salah, akan membuat penilaian menjadi turun. Tunjukkan kemampuan Anda sebenarnya dan yakinkan kepada mereka bahwa Anda bisa berkontribusi secara langsung terhadap kemajuan perusahaan. Banyak perusahaan yang mencari pekerja yang belum berpengalaman alias fresh graduate, namun memiliki pola kerja dan semangat kerja yang tinggi.

4. Jangan menyinggung masalah gaji

Gaji memang menjadi tujuan utama Anda melamar kerja di perusahaan. Namun jangan sekali-kali memberikan jawaban yang menyinggung masalah gaji. Perusahaan sudah memiliki angka patokan gaji yang sesuai dengan posisi yang Anda lamar. Jadi jika saat wawancara ada pertanyaan mengenai berapa gaji yang Anda inginkan. Sebaiknya berikan jawaban yang relevan yang menunjukkan bahwa Anda lebih fokus pada pekerjaan ketimbang gaji. Jika hasil kerja bagus, maka perusahaan tidak akan segan memberikan gaji yang besar kepada Anda.

5. Jangan memuji diri sendiri

Ini adalah kesalahan yang sering dilakukan oleh pelamar kerja yang masih pemula. Mereka lebih sering menunjukkan apa saja kelebihan yang mereka miliki. Hal ini memberikan kesan sombong yang pastinya bisa memberikan efek buruk bagi perusahaan. Menunjukkan kualitas tidak harus memuji diri sendiri, melainkan membuktikannya dengan hasil kerja yang terbaik dan maksimal.

Kelima tips yang disebutkan diatas, bisa Anda praktikkan sebagai bekal untuk mendapatkan pekerjaan yang diimpikan. Selain fokus pada peningkatan kemampuan dan keterampilan, mulai sekarang berlatihlah cara menjawab pertanyaan wawancara. Jadi saat Anda diundang interview bisa menjawab semua pertanyaan dengan tenang dan santai namun tetap cerdas.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Tips Sukses Menghadapi Wawancara Kerja Bagi Pemula,


Diterbitkan pada: Minggu, 9 September 2018
Rating : 4.50 / 5 dari 2 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Cewek yang punya hobi traveling ini menulis untuk kategori internet, sains dan tren media sosial.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright