Otomotif

Cara Merawat AC Mobil Sendiri Tanpa Harus Ke Bengkel

AC (Air Conditioner) atau penyejuk udara merupakan komponen yang sangat penting di dalam mobil. Komponen ini harus dirawat secara berkala agar kinerjanya terus terjaga. Dengan perawatan rutin, komponen AC mobil bisa berumur panjang.

Jika tidak ada waktu pergi ke bengkel atau tempat service, Anda bisa merawat AC mobil sendiri di rumah. Cara merawat AC mobil sebenarnya gampang. Yang terpenting adalah selalu menjaga kebersihan komponennya.

Tips dan Cara Merawat Ac Mobil

AC Mobil Avanza. (toyota)

Berikut tips dan cara merawat AC mobil sendiri yang dapat Anda lakukan di rumah.

  • Perhatikan kebersihan interior mobil. Kebersihan interior mobil erat kaitannya dengan kinerja AC mobil, terutama kebersihan lantai dan karpet mobil. Jika dibiarkan kotor, otomatis udara di dalam kabin mobil ikut menjadi kotor. Akibatnya, komponen filter AC akan bekerja dengan keras untuk menyaring kotoran dan debu. Di samping itu, Anda tentu tak ingin menghirup udara kotor bukan?.
  • Perhatikan juga kebersihan komponen kondensor AC. Jika Kondensor AC dalam keadaan bersih, maka kerja AC menjadi lebih ringan karena hembusan udara lebih cepat dingin. Pada umumnya Kondensor AC terletak dibalik grill depan mobil. Jika terlihat kotor segera bersihkan komponen ini dengan cara menyemprotnya dengan air bertekanan.
  • Berikutnya adalah prosedur pemakaian AC mobil yang direkomendasikan. Jika kebetulan Anda baru saja memarkir mobil di tempat panas, lakukan cara ini. Buka kaca mobil, kemudian hidupkan terlebih dahulu blower AC pada putaran tertinggi untuk membuang udara panas di dalam kabin mobil. Setelah itu baru hidupkan AC. Dengan cara ini proses pendinginan dan pergantian sirkulasi udara lebih cepat dan AC bisa bekerja dengan maksimal.
  • Setelah menempuh perjalanan jauh, matikan mobil, mesin dan istirahatkan AC mobil. Bukalah kaca supaya sirkulasi udara berganti dan kadar oksigen masuk lebih banyak ke dalam kabin mobil.

Tips dan cara merawat AC mobil di atas pastinya dapat Anda lakukan sendiri tanpa harus pergi ke bengkel. Namun hal itu hanya untuk perwatan sehari-hari. Jika ada komponen AC mobil yang bermasalah, jangan mencoba untuk memperbaikinya sendiri.

Lihat juga : Tarif derek mobil di tol.

Sebaiknya pergi ke bengkel dan tempat service AC mobil terdekat untuk dilakukan pemerikasaan supaya tidak mempengaruhi kinerja komponen AC lainnya pada mobil Anda.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Cara Merawat AC Mobil Sendiri Tanpa Harus Ke Bengkel,


Diterbitkan pada: Minggu, 9 September 2018
Rating : 4.50 / 5 dari 2 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright