Otomotif

Cara Buka Mobil yang Terkunci dari Dalam

Saat keluar dari mobil sebaiknya jangan tergesa-gesa dan pastikan segala sesuatunya tidak tertinggal didalam mobil, terlebih kunci mobil. Tidak sedikit pemilik mobil yang pernah mengalami masalah sepele, yakni tertinggalnya kunci di dalam mobil. Alasan kunci tertinggal pun sangat sepele, yakni lupa.

Fitur canggih pada mobil yang akan mengunci pintu secara otomatis juga kerap menjadi sumber kepanikan si pemilik mobil, terutama jika posisi mesin sedang menyala dan kaca jendela tertutup rapat. Dikutip dari viva, menurut pemilik Service Central Lock Jakarta Selatan, Tri, beberapa pintu mobil dapat dibuka dengan cara khusus, tanpa menggunakan anak kunci aslinya.

Cara Buka Mobil yang Terkunci dari Dalam

Cara Buka Mobil yang Terkunci dari Dalam. (wonderhowto)

Caranya, cukup sediakan sebuah benda tipis, seperti sebuah kawat atau penggaris besi. Jika tak ada, alternatif lain bisa juga menggunakan gantungan baju yang terbuat dari kawat.

“Pertama, lepas sebagian karet kaca jendela depan yang segaris dengan gagang pintu. Ini supaya besi bisa dimasukkan untuk mencongkel atau menusuk bagian yang harus disentuh,” kata Tri.

Setelah membuka karet, masukan penggaris ke dalam panel pintu hingga menyentuh sebuah benda yang sejajar dengan pegangan pintu, dan itu biasanya merupakan tuas pembuka kunci pintu. Jika merasa telah menyentuh tuas kunci, maka langkah selanjutnya bisa dilakukan dengan cara menyodok, dengan sedikit hentakan yang lebih kuat.

“Cara menyodoknya bisa ke atas atau ke samping, tergantung mobil. Insya Allah terbuka. Tapi, cara ini hanya saat darurat,” ujarnya.

Menurut Tri, jika masih tak bisa dibuka, ada baiknya menghubungi bengkel resmi atau ahli kunci.

Sekedar informasi, Service Central Lock Jakarta Selatan terletak di Jalan Pangeran Antasari, Jakarta Selatan. Konsumen juga bisa menghubungi nomor 087880656957.

Cara Buka Mobil yang Terkunci dari Dalam,


Diterbitkan pada: Kamis, 13 Juni 2019
Rating : 4 / 5 dari 2 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Pria ganteng ini sangat menyukai dunia dunia otomotif dan olahraga terutama motogp. Di jeripurba.com Ari menjadi kontributor dan menulis untuk kategori otomotif dan motogp.

author

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika serta bertanggung jawab!. Diskusi hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Cara Buka Mobil yang Terkunci dari Dalam".

Copyright by:
Jeripurba.com copyright