Tips dan Trik

4 Cara Membedakan Charger Asli dan Palsu

Kualitas charger sangat penting mengingat smartphone sangat membutuhkan daya untuk digunakan. Jika kualitas charger yang digunakan tidak baik akan berdampak pada baterai smartphone kamu cepat rusak.

Berikut 4 cara membedakan charger asli dan charger palsu:

1. Bawa Adapter Charger Asli Saat Membeli
Saat kamu hendak membeli charger baru, selalu bawa adapter charger smartphone kamu. Tujuannya untuk menyamakan desain hingga semua angka yang tertera di adapternya. Selain itu jangan lupa untuk menyamakan struktur (bentuk) dari port USB yang ada di adapternya. Jika kamu teliti, maka kamu akan dengan mudah menemukan perbedaan diantara keduanya.

Cara Membedakan Charger Asli dan Palsu

Cara Membedakan Charger Asli dan Palsu.

Banyak perbedaan yang bisa dilihat di adapter charger asli dengan yang palsu. Dimulai dari desain, bentuk colokan (biasanya yang palsu lebih ramping tanpa detail), hingga warna tulisan.

2. Perhatikan Kabel USB
Selain adapter charger, kamu juga harus memperhatikan kabel USB bawaan smartphone. Karena selain digunakan untuk mengisi ulang baterai, kabel USB smartphone juga bisa digunakan untuk transfer file dari smartphone ke komputer. Jika kabel USB yang kamu beli ternyata palsu, selain tidak maksimal dalam mengisi ulang baterai, tentu akan mempengaruhi proses transfer file antara komputer dan smartphone kamu.

Lihat: Apakah Ngecas Menggunakan Charger Mobil Bisa Merusak HP?

Untuk membedakan kabel USB yang asli dengan yang palsu, kamu harus memperhatikan ketebalan serta panjang dari colokan USB-nya. Biasanya charger palsu dibekali dengan colokan USB yang lebih panjang dan tebal dengan warna yang lebih gelap.

3. Beli di Toko Resmi
Nah, cara untuk membedakan charger asli dan palsu sebelumnya tadi tidak bisa digunakan saat belanja online. Untuk menghindari pembelian charger palsu, sebaiknya kamu beli charger di tempat-tempat atau toko resmi. Beberapa toko resmi memiliki situs atau layanan online untuk belanja dengan jaminan barangnya asli dan menyediakan garansi.

4. Jangan Tertipu dengan Harga
Bukan hanya untuk masalah charger, harga memang selalu jadi senjata yang ampuh untuk memikat konsumen. Jadilah pengguna smartphone yang cerdas dengan tidak mudah tergoda oleh harga charger yang lebih murah, namun menawarkan fitur wah. Pastikan perlu disadari bahwa banyak komponen di dalam charger yang seharusnya untuk safety, untuk kestabilan dan daya tahan dihilangkan untuk menekan harga jual suatu charger.

Lihat juga: Ngecas HP Lama?, Mungkin Ini Penyebabnya.

Itulah 4 langkah penting yang harus kamu perhatikan dalam membedakan charger asli dan palsu. Menyebalkan bukan jika ternyata malah dapat charger palsu yang bisa bikin baterai smartphone cepat rusak. Selamat mencoba. (solusi hp)

4 Cara Membedakan Charger Asli dan Palsu,


Diterbitkan pada: Kamis, 13 Juni 2019
Rating : 3.50 / 5 dari 2 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Pria ganteng yang akrab dipanggil Randy ini memiliki rasa ingin tahu yang besar terhadap dunia teknologi. Di Jeripurba.com dia menulis berita untuk kategori Gadget, Hardware, Software dan Aplikasi.

author

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika serta bertanggung jawab!. Diskusi hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "4 Cara Membedakan Charger Asli dan Palsu".

Copyright by:
Jeripurba.com copyright