Otomotif

Tips Perawatan Mobil Berkala

Untuk mempertahankan keadaan mobil kamu agar selalu baik dan tidak mogok, maka diperlukan perawatan berkala dan teratur. Perawatan mobil secara berkala tentunya berbeda dengan perawatan yang hanya dilakukan sekali atau dua kali saja. Mengapa harus dilakukan pemeliharaan berkala pada mobil?

Perawatan mobil yang baik dilakukan secara berkala dan teratur. Bila rajin merawat mobil maka akan mempertahankan performanya, dan juga akan lebih menghemat biaya pemeliharaan dan operasional. Karenanya perawatan mobil secara berkala secara teratur penting untuk dilakukan.

Berikut tips perawatan mobil berkala yang harus kamu lakukan:

1. Perawatan berkala mingguan.

Lakukanlah perawatan ringan, misalnya memeriksa air radiator. Perhatikan jumlah air yang tersisa di reservoir lewat indikator, jangan sampai kekurangan air, bila kurang maka segera ditambah sebaiknya gunakanlah cooller radiator. Jangan pernah biarkan air dalam radiator habis. Waspadalah bila penambahan air lebih dari satu liter karena menandakan adanya kebocoran pada radiator mobil kamu.

Perhatikan air accu (AKI) dengan mengecek level indicator (cara melihat dengan menerangi dengan senter lewat bagian belakang accu). Kondisi air accu jangan sampai kurang dari garis bawah standar, segera tambahkan air accu bila kurang.

Lihat juga: perbedaan aki basah dengan aki kering.

Keterlambatan dalam mengisi air accu akan menyebabkan meningkatnya kecepatan rusaknya accu mobil kamu. Bila air accu tidak pernah kurang dari garis bawah level indicator maka accu Anda akan awet.

Perhatikan oli mesin. Cek dengan cara mencabut stik oli yang menempel di mesin mobil kamu, bersihkan stick dengan lap bersih lalu masukkan kembali dan angkat lalu perhatikan oli yang menempel di stick tadi mengikuti batas standar garis oli, bila batas oli berada di bawah garis normal, tambahkan dengan oli yang biasa kamu pakai. Jangan sampai jumlah oli dibawah dari garis batas oli. Bila dalam satu minggu kamu harus menambah oli sebanyak satu liter maka kemungkinan terjadi kebocoran.

Loading...

Perhatikan tekanan angin ban mobil kamu, standar tekanan ban normal untuk mobil keluarga adalah 28 psi (depan) dan 30 psi (belakang). Bila membawa beban tambahan maka tekanan angin di tambahkan sekitar 2 psi. Jadi untuk depan 30 psi dan belakang 32 psi. Kalau tekanan angin kurang, ban bisa rusak juga boros bensin. Lebih nyaman bila kamu menggunakan ban tubeless untuk kendaraan, karena ban tubeless karena lebih aman, tidak langsung kempes bila tertusuk oleh benda tajam.

2. Pemeriksaan berkala bulanan

Perawatan perlu dilakukan juga dalam waktu bulanan, lakukan pengecekan pada minyak rem, bila minyak rem habis maka dapat menyebabkan rem kendaraan menjadi blong. Perhatikan juga minyak power steering, jangan sampai steer/kemudi terasa berat dan tidak nyaman, itu tandanya minyak hampir habis, jangan sampai minyak power steering habis, bila hal ini terjadi maka akan menyebabkan pompa power steering rusak, dan biaya perbaikannya sangat mahal.

3. Pemeriksaan berkala enam bulan atau setiap 5.000 km

Lakukan tune up pada mesin mobil kamu agar pembakaran terjadi sempurna dan tidak boros BBM. Lakukan penggantian oli mesin. Perhatikan juga filter udara, bersihkan secara hati-hati, apalagi bila mobil sering di gunakan di daerah yang berdebu. Perhatikan kebersihan filter bensin, kuras dan bersihkan, ganti filter bensin bila mobil kamu telah menempuh jarak 30.000 km. Bersihkan jamur/kotoran sisa reaksi kimia di kutub (postif dan negatif) accu. Bersihkan dengan air panas dan segera lap dengan kain. Perhatikan kekencangan tali kipas, cek apakah ada kerusakan yang mungkin terjadi seperti retak atau kering. Bila tali kipas kendur maka dapat menyebabkan kerja alternator terganggu sehingga proses pengisian ke accu terganggu.

4. Pemeriksaan berkala setiap 10.000 km

Lakukan pernggantian rutin pada filter oli, jangan sampai terlambat, bila hal ini terjadi maka filter tidak akan menyaring kotoran sampai bersih sehingga kembali lagi ke mesin, kerusakan lebih parah akan terjadi bila filter mampet, sehingga oli tidak bisa masuk kembali ke mesin dan akan menyebabkan seluruh komponen mesin mobil rusak.

Itulah beberapa tips perawatan dan pemerikasaan berkala pada mobil yang penting untuk dilakukan. Semoga bermanfaat.

Tips Perawatan Mobil Berkala,


Diterbitkan pada: Jumat, 28 Juni 2019
Rating : 4.50 / 5 dari 4 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Pria ganteng ini sangat menyukai dunia dunia otomotif dan olahraga terutama motogp. Di jeripurba.com Ari menjadi kontributor dan menulis untuk kategori otomotif dan motogp.

author

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika serta bertanggung jawab!. Diskusi hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Tips Perawatan Mobil Berkala".

Copyright by:
Jeripurba.com copyright