Otomotif

Berapa Sih Tekanan Angin Ban Mobil yang Ideal?

Tekanan angin ban mobil merupakan aspek yang sangat penting, terutama bagi keamanan dan keselamatan. Jadi, pemilik kendaraan harus mengetahui berapa tekanan angin ban mobil yang dikendarainya.

Apalagi jika mobil selalu digunakan dengan jarak tempuh jauh. Jangan lupa untuk selalu mengecek kondisi dan tekanan angin ban mobil. Jika di abaikan, dampak negatif yang ditimbulkan sangat merugikan.

Ban mobil cepat habis bisa jadi disebabkan oleh tekanan angin ban yang kurang ideal. Efek lainnya yang langsung terasa adalah pemakaian bahan bakar minyak menjadi boros.

Bahkan dalam beberapa kasus kecelakaan yang terjadi penyebabnya adalah ban meletus, akibat menggunakan ukuran tekanan angin ban yang tidak direkomendasikan oleh pabrikan.

Untuk itu, pemilik kendaran harus selalu mengecek berapa tekanan angin ban mobil dengan mengacu kepada ketentuan ukuran tekanan ban yang sudah direkomendasikan oleh pabrikan mobil masing-masing.

Berapa Tekanan Angin Ban Mobil

Pemilik Kendaaraan Harus Mengetahui Berapa Tekanan Angin Ban Mobil Demi Keselamatan Berkendara.

Untuk mengetahui berapa ukuran tekanan angin ban mobil, pabrikan biasanya sudah menyertakannya.

“Sebenarnya ukuran standar tekanan udara ban itu ada di pintu depan kanan, di bawah jok. Ketika ingin menambah tenanan ban maka mengikuti ukuran itu saja,” terang Sapta, melalui laman Auto2000.

Ukuran tekanan angin ban mobil yang ideal di Indonesia berkisar antara 28 sampai 33 Psi. Melihat rentang nilai Psi yang tak terlalu jauh itu, pada dasarnya tiap mobil memiliki tekanan angin yang hampir sama, terang Sapta.

“Tetapi jika ragu bisa melihatnya di bagian daun pintu depan bagian kanan. Itu yang paling benar karena pabrikan sudah mempertimbangkan ukuran tersebut berdasarkan berbagai aspek,” lanjutnya.

Khusus pada mobil Toyota, keterangan mengenai ukuran tekanan udara ban dapat dilihat pada stiker Tyre Loading Information yang berada di frame pilar B sebelah kanan.

Untuk melihat stiker ukuran tekanan angin ban ini, kamu harus membuka pintu bagian kanan depan, atau berada di pintu bagian pengemudi.

Namun, dia mengingatkan ukuran tekanan udara ban mobil mesti ditambah jika membawa muatan atau ada penumpang dibagian belakang.

“Tetapi perlu diingat apabila membawa muatan atau penumpang belakang, maka tekanan anginnya ditambah. Misal depan 33 Psi, dan belakang 36 Psi,” terangnya.

Jadi, pastikan kamu sudah mengetahui berapa Psi tekanan angin ban mobil kamu untuk menghindari hal-hal buruk yang tidak diinginkan. Via: aut02000.

Berapa Sih Tekanan Angin Ban Mobil yang Ideal?,


Diterbitkan pada: Selasa, 19 Maret 2019
Rating : 4.50 / 5 dari 2 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika serta bertanggung jawab!. Diskusi hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Berapa Sih Tekanan Angin Ban Mobil yang Ideal?".

Copyright by:
Jeripurba.com copyright