MotoGP

Sirkuit Sentul Akan Dipakai Kembali Jadi Arena Balap MotoGP

Setelah hampir 17 tahun lebih, akhirnya Sirkuit Internasional Sentul akan dipakai kembali menjadi arena bagi pembalap-pembalap MotoGP. Tentunya ini adalah kabar yang sangat mengembirakan terutama bagi MotoGP mania di seluruh Indonesia. Ya, jika tidak ada kendala, Sirkuit Sentul akan menggelar salah satu seri MotoGP pada tahun 2017 mendatang, MotoGP

Rencana untuk menggelar balapan MotoGP 2017 di Sentul bermula dari kedatangan CEO Dorna SL, Carmelo Ezpeleta yang merupakan penyelenggara resmi MotoGP ke Jakarta pada hari Rabu kemarin (20 Mei 2015). Dia menemui berbagai pihak diantaranya adalah Menteri Pariwisata Arief Yahya, Direktur Sirkuit Sentul Tinton Soeprapto dan Ketua Umum PP IMI Nanan Soekarna untuk membahas kemungkinan adanya seri MotoGP di Indonesia.

Meski belum ada kesepakatan yang ditandatangani, namun tiga bulan kedepan akan dibuat nota kesepahaman untuk memuwujudkan rencana tersebut, seperti yang di beritakan oleh laman detik dan viva news hari ini.

 

Sejarah Sirkuit Internasional Sentul.

Untuk diketahui, Sirkuit Sentul mulai dibangun pada tahun 1990 dan rampung pada tahun 1994. Sirkuit ini di prakasai oleh Hutomo Mandala Putra. Sirkuit ini terletak di desa Sentul, kecamatan Babakan Madang, kabupaten Bogor, Jawa Barat, Indonesia.

Setelah selesai dibangun, Sirkuit Sentul pernah beberapa kali mengadakan balapan bertaraf internasional seperti A1 Grand Prix, Asian F3 dan termasuk MotoGP.

Untuk MotoGP, Sirkuit Sentul mulai dipakai pada tahun 1996 dan 1997. Pada tahun 1996, Michael Doohan menjadi yang tercepat di kelas utama 500 cc. Kemudian untuk kelas 250 cc ada pembalap Jepang Tetsuya Harada dan dikelas 150 cc juga dipegang oleh pembalap Jepang Masaki Tokudome.

Sirkuit Sentul MotoGP 2017

Sirkuit Sentul Akan Menggelar MotoGP 2017.

Ditahun 1997, Valentino Rossi masih berada di kelas 125 cc dan menjadi juara disini. Sementara untuk kelas utamanya (500 cc) dipegang oleh pembalap Jepang, Tadayuki Okada dan kelas 250 cc pembalap Italia Max Biaggi menjadi yang tercepat di Sirkuit Sentul. Sumber: wikipedia.

 

Setelah 1997, gelaran MotoGP di Sirkuit Internasional Sentul tidak pernah diselenggarakan lagi hingga kini karena faktor lintasan, kompetisi dan keamanan. Saat ini Sirkuit Sentul belum memenuhi standar yang di tetapkan oleh pihak penyelenggara MotoGP.

Namun dengan adanya rencana yang ditawarkan oleh penyelenggara MotoGP, bukan tidak mungkin Indonesia bisa menjadi tuan rumah MotoGP kembali pada tahun 2017 mendatang. Untuk mewujudkan hal itu, tentu pembangunan Sirkuit Internasional Sentul harus di dukung oleh semua pihak, baik pemerintah, BUMN, pihak swasta dan MotoGP mania agar bisa memenuhi standar dari penyelenggara MotoGP.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Sirkuit Sentul Akan Dipakai Kembali Jadi Arena Balap MotoGP,


Diterbitkan pada: Jumat, 22 Mei 2015
Rating : 4.33 / 5 dari 9 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Sirkuit Sentul Akan Dipakai Kembali Jadi Arena Balap MotoGP".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by:
Jeripurba.com copyright