MotoGP

Indonesia Kemungkinan Besar Jadi Tuan Rumah MotoGP 2017

Kabar gembira bagi MotoGP mania di tanah air. Indonesia kemungkinan besar akan menjadi tuan rumah MotoGP 2017, setelah Pemerintah Indonesia dikabarkan telah mengontak Hermann Tilke dan Jarno Zafarelli yang merupakan desainer khusus sirkuit dan desainer trek balap. Langkah ini adalah lanjutan setelah bos Dorna SL, Carmelo Ezpeleta, berkunjung ke Jakarta pada pertengahan Mei lalu dan membahas kemungkinan adanya seri MotoGP di Indonesia.

Akan tetapi Indonesia saat ini belum mempunyai sirkuit yang bisa digunakan untuk ajang MotoGP. Sementara untuk membuat sirkuit baru sesuai dengan semua syarat-syaratnya bukanlah perkara mudah. Tidak cukup waktu untuk mengejar musim MotoGP 2017. Untuk itu, semua pihat terkait kini tengah menggodok rencana termasuk menghitung anggaran jika dimungkinkan untuk membangun sirkuit baru yang dikabarkan akan dibangun di seputaran ibu kota Jakarta.

Jikapun waktu untuk membangun sirkuit untuk MotoGP musim 2017 tidak bisa terlaksana akibat terkendala waktu, yang paling memungkinkan adalah dengan merombak dan merenovasi sirkuit Sentul agar memenuhi semua persyaratan dari penyelenggara MotoGP. Disinilah kabarnya pemerintah telah mengontak Jarno Zafarelli yang saat ini sudah melakukan perbaikan sirkuit Las Termas di Argentina.

Sirkuit Sentul MotoGP 2017

Sirkuit Sentul Akan Menggelar MotoGP 2017. (wikipedia)

Saat ini bos Dorna, penyelenggara resmi MotoGP, Carmelo Ezpeleta, belum memberikan konfirmasi keikutsertaan Indonesia dalam kalender MotoGP 2017. Dia masih menunggu dan akan melihat terlebih dahulu proposal dari Pemerintah Indonesia.

Seperti yang diberitakan oleh laman Speedweek.com, Ezpeleta mengatakan jika pihak mereka masih menunggu dan akan melihat proposal terkait letak, infrastruktur sampai biaya dari pemerintah Indonesia. Jika pihaknya sudah menerima dan menyetujuinya, maka pembangunan sirkuit akan dimulai pada akhir tahun 2015 ini dilanjutkan dengan pengerjaan sampai tahun 2016 berikutnya.

Penentuan kepastian apakah Indonesia bisa menjadi penyelenggara MotoGP 2017 kabarnya akan dibahas pada tanggal 30 Agustus 2015 mendatang, saat gelaran MotoGP 2015 Inggris di sirkuit Silverstone. Perwakilan Indonesia akan membawa dan mengajukan proposal kepada pihak Dorna, jika disetujui makan Indonesia bisa menjadi tuan rumah MotoGP 2017. Entah apakah membangun sirkuit baru ataukah merombak total sirkuit sentul.

Untuk itu, jika Indonesia berkeinginan kuat menjadi tuan rumah MotoGP 2017 di Sentul, semua pihak dan pemerintah Indonesia harus bahu membahu untuk mewujudkan itu dari sekarang.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Indonesia Kemungkinan Besar Jadi Tuan Rumah MotoGP 2017,


Diterbitkan pada: Senin, 27 Juli 2015
Rating : 5 / 5 dari 3 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright