PC Laptop

Mengenal Prosesor Intel Skylake Dan Kelebihannya

Intel resmi meluncurkan prosesor generasi ke-6 mereka, Intel Skylake, dengan berbagai kelebihan yang diklaim memiliki kecepatan dan kinerja grafis terintegrasi mumpuni, serta lebih efisien dalam konsumsi daya dari Intel Core generasi sebelumnya. Prosesor ini bahkan telah dirancang dan di optimalkan untuk sistem operasi terbaru Microsoft, Windows 10.

Intel Skylake dibangun dengan teknologi fabrikasi yang sama dengan prosesor generasi sebelumnya, Intel Broadwell, yaitu 14 nm. Meski demikian, Intel menyematkan teknologi mikroarsitektur terbaru pada Skylake yang membuat kinerjanya jauh lebih baik dan efisien.

Seri Prosesor Intel Skylake.
Keluarga Intel Skylake memang cukup banyak. Ditambah lagi dengan adanya prosesor Xeon yang ditujukan untuk notebook multimedia. Bahkan, kabarnya Intel berencana akan membuat lebih dari 48 varian prosesor Skylake. Meski terdiri dari banyak keluarga, namun penamaannya tetap akan memakai nama standar produk Intel seperti Intel Pentium, Celeron, Core i3, core i5 sampai Intel Core i7, dengan penamaan seri yang diletakkan dibelakangnya.

Untuk keluarga prosesor desktop Skylake-S ada Core i3, Core i5, dan Core i7 yang ditargetkan untuk PC tower, sistem gaming tower, PC mini, Intel Compute stick, all-in-one dan portable all-in-one.

Mengenal Prosesor Intel Skylake

Mengenal Prosesor Intel Skylake.

Selain telah memperkenalkan model desktopnya dari keluarga Skylake-S (Core i7-6700K dan Core i5-6600K) untuk gamers dan pengguna tingkat advanced, Intel juga memperkenalkan Skylake untuk perangkat notebook dan mobile. Wikipedia.

Untuk perangkat mobile, Intel menghadirkan setidaknya tiga varian untuk Skylake. Ketiga seri ini adalah Intel Skylake-Y, Skylake-U serta Skylake-H dan Skylake-H Xeon.

Seri Y (4,5 W dengan Intel HD graphics 515) dirancang untuk perangkat dengan konsumsi daya sangat rendah yang memiliki dimensi cukup kecil. Seri Y dari prosesor ini digunakan pada perangkat seperti notebook 2 in 1, tablet dan compute stick.

Sementara seri U (15 W dengan Intel HD Graphics 520) ditujukan untuk mini PC, ultrabook dan AIO.

Sedangkan prosesor Intel Skylake-H (45 W dengan Intel HD Graphics P530) diperuntukkan untuk notebook gaming dan notebook untuk keperluan korporat.

Kelebihan Prosesor Intel Skylake

Range Prosesor Intel Skylake.

Semua perangkat mobile yang menggunakan prosesor Intel Skylake dipastikan mendukung sistem operasi Windows 10 dengan fitur-fitur seperti Cortana, Intel WiDi, Intel RealSense dan True Key.

Selain keluarga prosesor tersebut, Intel juga melakukan pembaharuan pada chip Core M Core 6th-gen Core. Prosesor core M ini di klaim memiliki kinerja 2x lebih baik dengan kinerja grafis yag meningkat hingga 14 persen dari generasi sebelumnya. Sebut saja misalnya dari segi daya tahan baterai, dimana  smartphone Windows 10 akan memiliki ketahanan baterai hingga 10 jam.

Kelebihan Prosesor Intel Skylake.
Banyak kelebihan yang dimiliki oleh prosesor generasi keenam dari Intel ini. Dikutip dari laman Intel, berikut diantaranya:

  • Produktivitas hingga 2.5x lebih baik. Sehingga tidak banyak waktu terbuang sia-sia.
  • Intel Skylake memiliki 10-20% lebih baik dalam hal performa per-watt dalam hal kinerja single threaded CPU-nya.
  • Peningkatan performa intel HD meningkat sampai 50%.
  • Mendukung RAM jenis DDR4 pada frekuensi hingga 2133 MHz, atau DDR3 pada 1600 MHz (dalam mode dual channel), dengan dua DIMM per channel-nya. Kapasitas maksimum memori DDR4 yang didukung dapat mencapai 64 GB.
  • Grafis 3D hingga 30x lebih baik. Dengan prosesor ini Anda dapat merasakan pengalaman bermain game-game 3D dalam resolusi lebih tinggi, detail yang lebih baik, dan kecepatan frame yang lebih cepat.
  • Dirancang untuk para gamers karena memiliki teknologi anti panas dan hemat daya. Efisien penggunaan baterai-nya lebih hemat hingga 30%. Bahkan, jajaran notebook yang menggunakan prosesor ini diklaim bisa bertahan selama 10 jam saat digunakan menonton video 720p.
  • Dukungan terhadap HECV yang merupakan teknologi video terbaru (H265). Dengan adanya teknologi ini, streaming video 4K lebih hemat karena prosesor ini akan mereduksi penggunaan data tanpa mempengaruhi kualitas gambar.
  • Windows 10 lebih optimal karena semua fitur pintar dan canggih didalamnya telah didukung oleh prosesor ini. Termasuk peningkatan dukungan penuh terhadap teknologi sensor sentuh.
  • Untuk perangkat mobil seperti smartphone Windows, prosesor ini telah mendukung kamera beresolusi 4K dan konektivitas tipe Cat6 LTE.
  • Mendukung teknologi enhanced audio processor yang membuat kualitas suara lebih baik.

Kesimpulan.
Prosesor Intel Skylake merupakan prosesor dengan kinerja terbaik, menggunakan teknologi terkini dari Intel. Bentuknya dibuat semakin kecil, memiliki kecerdasan buatan yang hampir mendekati kemampuan manusia seperti kemampuan untuk berfikir, mendengar, melihat dan berbicara.

Bagi Anda Gamers dan desain grafis yang membutuhkan PC dengan kinerja dan performa mumpuni atau bagi Anda yang ingin merasakan pengalaman lebih lama beraktivitas dengan notebook atau laptop, melakukan upgrade ke salah satu jajaran prosesor Intel Skylake adalah pilihan yang tepat untk dilakukan.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Mengenal Prosesor Intel Skylake Dan Kelebihannya,


Diterbitkan pada: Kamis, 3 September 2015
Rating : 4.78 / 5 dari 9 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright