Tips dan Trik

Apakah Aman Download Aplikasi Android Selain Di Google Play App Store?

Jeripurba.com – Apakah aman download apk game dan aplikasi ditempat lain selain di Google Play App Store?. Bagi pengguna hp Android yang menomor satukan privasi dan keamanan perangkatnya, pertanyaan itu menjadi sangat penting. Umumnya mereka yang sudah mengerti,  tidak akan sembarang mendownload kemudian menginstal sebuah game maupun aplikasi Android ke hp mereka dari sumber yang kurang terpercaya.

Namun, bukan berarti file apk yang di download dari sumber selain di Google Play pasti tidak aman. Hanya saja, pengawasan sebuah file apk di Google Play App Store lebih ketat dan melalui berbagai proses sampai akhirnya file apk tersebut bisa dipasang di hp.

Download apk Google Play Strore

Aplikasi Google Play Strore. (gotta)

Sistem bawaan hp Android sendiri tidak memperbolehkan Anda untuk menginstal file apk dari sumber selain melalui Play Store. Itu artinya, Android tidak menjamin jika ada hal-hal yang tidak diinginkan. Walaupun dalam banyak kasus, pengaturan ini sering di abaikan dan diubah oleh pengguna Android.

Ada dua alasan pengguna Android mengizinkan pemasangan aplikasi selain dari Play Store.

  • Pertama, di aplikasi Google Play Store pengguna hp Android hanya bisa memasang game atau aplikasi tanpa bisa mendapatkan file mentah apk aplikasi tersebut. Padahal menurut mereka ini sangat penting. Jika suatu saat aplikasi mereka rusak atau tanpa sengaja terhapus, mereka masih menyimpan file apk-nya dan bisa memasangnya kembali.
  • Kedua, aplikasi dan game Android belum tersedia di region mereka. Contoh, waktu pertamakali aplikasi BBM untuk Android dirilis. Saat itu aplikasi perpesanan besutan BlackBerry ini belum tersedia untuk pengguna hp Android di Indonesia. Sedangkan di region Amerika dan Kanada sudah tersedia. Bagi mereka yang tidak sabar menggunakan aplikasi BBM, jalan keluarnya adalah mencari dan men- download file apk BBM dari sumber lain.

Dua hal itu umunya menjadi alasan pengguna hp Android lebih banyak men- download file apk dari sumber lain ketimbang melakukan pemasangan melalui toko resmi Google Play Store.

Kembali lagi kepertanyaan diatas, apakah aman download aplikasi android selain di Google Play Store?

Seperti yang sudah ditulis sebelumnya,  semua game dan aplikasi yang di upload pengembang ke Google Play App Store harus melewati proses dan memenuhi persyaratan tertentu. Misalnya mengenai hak akses atau izin aplikasi tersebut.

Saat Anda akan memasang sebuah aplikasi Android, biasanya aplikasi perlu meminta izin terlebih dahulu. Contoh, aplikasi pemutar musik akan meminta izin mengakses ruang penyimpanan atau aplikasi media sosial umumnya meminta izin untuk mengakses data sambungan internet di ponsel Anda. Bayangkan jika izin atau akses tersebut disalah gunakan oleh pengembang aplikasi nakal.

Untuk izin yang menyangkut akses keamanan ponsel umumnya tidak diperkenankan. Jikapun pengembang memaksa mengupload aplikasi mereka ke Google Play Store, aplikasi mereka pasti akan ditolak.

Berbeda di  tempat download aplikasi Android lain. Pada umumnya tidak memerlukan persyaratan ketat. Pengembang tinggal mengupload dan seketika aplikasi mereka bisa di download oleh pengguna Android tanpa harus melewati proses atau peninjauan lagi. Itu berarti, ada kemungkinan pengembang nakal bisa menyusupkan program jahat kedalamnya, seperti virus dan malware.

Masih ingat kasus beberapa waktu lalu mengenai Aplikasi dan Game Android Judy Mengandung Malware?. Itu artinya, toko aplikasi resmi Android saja bisa kebobolan, apalagi dari tempat lain yang bukan resmi dan belum memiliki kredibilitas.

Untuk meminimalisir kasus hp Android terinfeksi malware atau virus, sebaiknya Anda tidak memasang game dan aplikasi Android selain dari Google Play App Store. Jikapun terpaksa, carilah tempat download apk Android dari sumber yang terpercaya.

Anda juga bisa meminimalisir hal-hal yang tidak di inginkan dengan melakukan pemindaian pada file apk yang Anda download. Gunakan cara cek APK Android bebas virus dan malware yaitu menggunakan tool apk virus scanner online terpercaya dari VirusTotal atau NVISIO.


Jangan lupa memasang antivirus android terbaik di hp Anda dan selalu update ke versi terbaru.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Apakah Aman Download Aplikasi Android Selain Di Google Play App Store?,


Diterbitkan pada: Minggu, 18 Juni 2017
Rating : 4.43 / 5 dari 7 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Apakah Aman Download Aplikasi Android Selain Di Google Play App Store?".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by:
Jeripurba.com copyright