Tips dan Trik

HP Cepat Panas? Ini Solusinya

Jeripurba.com – Mengapa HP cepat panas?. Pertanyaan ini sering muncul dibenak pengguna hp terutama smartphone yang terlalu sering digunakan. Penyebab naiknya suhu pada hp bermacam-macam. Mulai dari terlalu sering maen game, berada di area yang minim sinyal atau penggunaan charger bukan original.

Saat bermain game di hp, komponen yang ada didalamnya terutama prosesor, GPU dan RAM akan bekerja sedikit keras. Akhirnya memicu kenaikan suhu pada hp. Begitupun jika kita berada diarea yang minim sinyal. Ponsel akan terus menerus mencari sinyal. Imbasnya baterai akan terkuras dengan cepat dan menyebabkan suhunya meningkat drastis. Ditambah lagi jika kita memiliki kebiasaan mengisi daya menggunakan charger yang buka bawaan ponsel.

Perbedaan arus dan tegangan input pada charger bisa menyebabkan kenaikan suhu pada baterai dan beberapa komponen hp. Apabila suhu panas pada ponsel diabaikan, kemungkinan komponen elektronika dan baterai hp bisa kembung dan mengalami kerusakan. Bahkan bisa saja menyebabkan hp mati total dan meledak.

Lihat : Pria Ini Tewas Akibat Ngecas Baterai iPhone.

Lalu apa yang harus dilakukan jika hp kita cepat panas?. Berikut beberapa tips dan solusi cara mengatasi hp yang sering mengalami kenaikan suhu drastis.

5 Tips Atasi HP Cepat Panas.

Pertama, segera lepas casing hp. Meski fungsinya untuk melindungi dari benturan, nyatanya beberapa jenis casing hp tidak memiliki area sirkulasi yang mumpuni. Ini berguna untuk membuang panas berlebih. Untuk itu, buka casing hp agar hp mendapat udara dingin dari luar untuk meminimalisir suhu panas pada hp.

Kedua, jika sedang bermain game namun panas hp semakin meningkat, segera hentikan. Selain menghindari kerusakan hp dan baterai, kenyamanan juga akan terganggu karena tangan memegang ponsel yang panas. Hentikan sejenak dan tutup game yang sedang dimainkan. Tutup juga aplikasi-aplikasi yang berjalan di latar belakang. Aplikasi-aplikasi ini akan menguras kinerja dari prosesor, GPU dan RAM. Sehingga akan membuat hp lebih boros baterai dan suhunya akan meningkat dari biasanya.

Ketiga, bersihkan semua file sampah, cache dan cookies. File-file ini jika dibiarkan menumpuk di hp menjadi salah satu penyebab hp cepat panas. Cara membersihkannya cukup dengan menggunakan salah satu aplikasi pembersih seperti misalnya aplikasi Ccleaner, File Go, dsb. Lakukan pembersihan secara rutin jika hp mulai terasa berat dan mengalami kenaikan suhu yang lebih cepat dari biasanya.

Keempat, jangan mengisi daya (ngecas) hp semalaman. Selain untuk menghemat penggunaan listrik, kebiasaan mengisi daya semalaman bisa mengakibatkan masa pakai baterai menurun. Kebiasaan ini juga bisa menyebabkan ponsel mengalami kenaikan suhu dan cepat panas. Bahkan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada beberapa kasus ponsel meledak akibat kebiasaan ini. Tentu Anda tidak menginginkannya bukan?. Meskipun pada beberapa charger dan ponsel terkini sudah memiliki fitur auto cut, hindari kebiasaan ngecas hp semalaman.

Cara Mengatasi HP Cepat Panas

Cara Mengatasi HP Cepat Panas.

Kelima, gunakan selalu charger original. Untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, pastikan gunakan selalu charger original. Jika suatu saat charger bawaan hp Anda rusak, usahakan untuk mengganti dengan yang sama dan original. Meski banyak pilihan charger pihak ketiga dengan harga yang jauh lebih murah, hindari untuk menggunakannya. Terkecuali jika tegangan dan arusnya bisa dipastikan sama dengan tegangan dan arus charger bawaan.

Lihat juga : Apakah Ngecas Menggunakan Charger Mobil Bisa Merusak HP?.

Sebagai informasi, kabel dan charger dengan harga yang jauh lebih murah kebanyakan mengorbankan kualitas kabel. Termasuk juga kualitas komponen yang ada didalam kepala charger. Ditambah lagi jika Anda tidak mengukur tegangan dan arus keluarannya. Perbedaan tegangan dan arus inilah yang bisa menyebabkan hp cepat panas. Bahkan bisa menyebabkan kerusakan parah.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

HP Cepat Panas? Ini Solusinya,


Diterbitkan pada: Sabtu, 28 Juli 2018
Rating : 4.56 / 5 dari 9 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Dian merupakan kontributor untuk kategori gadget, smartphone, tablet dan aplikasi.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright