Games dan Aplikasi HP

Tulis Pesan Di WhatsApp dan Wechat Kini Bisa Pakai Suara

Bagi Anda yang terbiasa menggunakan aplikasi perpesanan seperti WhatsApp dan Wechat, sebenarnya tak perlu repot menggetik pesan di layar smartphone, cukup dengan perintah suara saja, pesan-pun jadi dan bisa langsung dikirim. Fitur ini sebenarnya bukanlah fitur bawaan dari kedua aplikasi tersebut, melainkan fitur  lama yang sudah ada di Google yaitu “OK Google”.

Bulan April yang lalu, Google meluncurkan fitur pintar perintah suara di Android. Fitur tersebut memungkinkan pengguna smartphone Android untuk mengontrol aplikasi pihak ketiga hanya dengan menggunakan perintah suara saja (OK Google). Kini, Google telah melakukan update untuk fitur yang terintegrasi dengan aplikasi-aplikasi perpesanan untuk Android tersebut. Seperti misalnya WhatsApp.

Aplikasi WhatsApp

Aplikasi WhatsApp

Pengguna aplikasi WhatsApp cukup memanfaatkan layanan tersebut dengan cara mengucapkan “OK Google, mengirim pesan WhatsApp”. Kemudian setelah itu, pengguna bisa memilih kontak yang akan dikirimi pesan tersebut.

Selain terintegrasi dengan WhatsApp dan aplikasi Wechat, fitur pintar Google tersebut juga akan didukung untuk aplikasi perpesanan Android lainnya seperti Viber, NextPlus , Telegram, dsb.

Lalu bagaimana cara menggunakan fitur tersebut?. Anda cukup melakukan pembaharuan atau update setiap aplikasi perpesanan yang Anda gunakan (aplikasi WhatsApp, aplikasi Wechat, dsb) ke versi terbaru melalui aplikasi Google Play Store.

Sayangnya, untuk saat ini fitur google tersebut masih terbatas untuk dukungan bahasa Inggris saja. Namun tidak menutup kemungkinan kedepannya Google akan melakukan update untuk dukungan bahasa lain seperti misalnya untuk bahasa Indonesia.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Tulis Pesan Di WhatsApp dan Wechat Kini Bisa Pakai Suara,


Diterbitkan pada: Sabtu, 5 September 2015
Rating : 4.25 / 5 dari 4 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright