Games dan Aplikasi HP

Cara Menampilkan Status Kecepatan Internet Di Android Tanpa Root

Bagaimana cara mengetahui dan menampilkan banyaknya kapasitas data serta kecepatan jaringan internet di status bar Android tanpa harus melakukan root?. Di beberapa smartphone Android tertentu, produsen smartphone telah menyertakan fitur tersebut dengan menggabungkannya kedalam antar muka milik mereka sendiri. Sehingga status penggunaan data dan kecepatan internet yang digunakan bisa selalu dipantau secara real time di menu bar atas.

Namun bagaimana dengan hp Android yang tidak memiliki fitur tersebut. Salah satu cara untuk menampilkan status kecepatan internet di menu bar hp Android adalah dengan melakukan rooting atau menginstal modul Xposed.

 

Download Aplikasi Untuk Mengetahu Kecepatan Internet Di Android

Internet Speed Meter Pro, Aplikasi Untuk Mengetahu Kecepatan Internet Di Android.

Namun bagi sebagian penguna Android, menginstal modul Xposed atau melakukan kustom ROM dengan cara rooting terdengar sangat mengerikan. Dengan root, tentu saja akan menghilangkan jaminan garansi smartphone. Bahkan jika nasib kurang beruntung, smartphone bisa saja mengalami kerusakan dan mati total.

Nah, ada cara yang lebih mudah untuk menampilkan status pemakaian kuota internet dan kecepatannya, yaitu dengan menggunakan aplikasi. Pengguna Android bisa menginstal aplikasi yang bernama Internet Speed Meter Pro melalui Google Play Store.

Lihat juga disini: cara cek kecepatan DNS Telkom Speedy dengan Speedy Speed Test.

Dengan aplikasi Internet Speed Meter Pro ini, pengguna hp Android bisa menampilkan pengunaan kuota dan kecepatan internet tanpa harus melakukan root. Caranya?. Silahkan download aplikasi Internet Speed Meter Pro melalui Google Play Store. Ukurannya sekitar 1,4 MB dan bisa di instal pada hp dengan OS Android 2.3 atau yang lebih tinggi.

Kemudian instal seperti layaknya menginstal aplikasi Android lainnya. Setelah selesai, buka aplikasi tersebut dan buka tab pengaturan untuk mengatur interval update dan satuan pengukuran kuota data internet dengan mengaktifkan fitur Auto Start.

Kemudian didalam pengaturan aktifkan fitur Enable Widget. Disini Anda juga bisa memilih ukuran font dan mengatur posisi widget apakah muncul dalam bar pemberitahuan atau tampil di status bar. Kemudian aktifkan fitur pemberitahuan Enable Notification untuk akan menampilkan atau menyembunyikan status saat smartphone dalam keadaan diam dan tidak ada aktifitas penggunaan internet.

Baca juga : Cara mengetahui penggunaan data internet pada iPhone.

Melalui aplikasi Internet Speed Meter Pro ini pengguna smartphone Android kini bisa memantau kecepatan download dan upload secara real time di status bar ponsel mereka dan mengetahui seberapa besar penggunaan data internet tanpa harus melakukan root.

Untuk mencobanya, silahkan download aplikasi Android Internet Speed Meter Pro melalui Google Play Store di tautan ini.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Cara Menampilkan Status Kecepatan Internet Di Android Tanpa Root,


Diterbitkan pada: Kamis, 29 Oktober 2015
Rating : 5 / 5 dari 4 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright