Otomotif

Keren! China Buat Mobil Yang Bisa Disetir Dengan Pikiran

Sebuah alat dengan teknologi canggih berhasil di buat oleh para peneliti di Universitas Nankai yang terletak di timur laut Kota Tianjin China. Dengan alat tersebut, pengemudi bisa mengontrol mobil mereka dengan pikiran saja, tanpa harus memegang kemudi, menginjak gas dan rem ataupun memindahkan persneling secara manual. Cukup dengan pikiran saja, mobil ini bisa melakukan manuver seperti mengunci dan membuka kunci, berjalan maju, mundur atau melakukan pengereman.

Untuk membuat alat berteknologi tinggi yang diaplikasikan ke mobil tersebut, para peneliti Universitas Nankai China telah menghabiskan waktu kurang lebih selama dua tahun. Nah, seperti apa mobil buatan China yang bisa disetir hanya dengan menggunakan pikiran itu?. Berikut penampakannya :

Peneliti Zhang Zhao mengenakan peralatan sinyal-membaca otak mempersiapkan untuk memindahkan mobil dengan gelombang otaknya

Peneliti Zhang Zhao mengenakan peralatan sinyal-membaca otak mempersiapkan untuk memindahkan mobil dengan gelombang otaknya. (reuters)

Peneliti Zhang Zhao mengenakan peralatan sinyal membaca otak berpose dengan mobil Haval H9 yang dapat dikontrol dengan gelombang otaknya

Peneliti Zhang Zhao mengenakan peralatan sinyal membaca otak berpose dengan mobil Haval H9 yang dapat dikontrol dengan gelombang otaknya. (reuters)

Tidak ada yang istimewah dari mobil diatas. Ya, mobil tersebut adalah sebuah mobil SUV buatan China yaitu Haval H9. Tanpa alat yang dikembangkan oleh peneliti, mobil ini hanyalah mobil SUV biasa. Dengan dipasangnya alat tersebut, mobil bisa dikendalikan dengan pikiran manusia. Seperti inilah penampakan alat tersebut.

Bagian dari perangkat sistem mobil yang dikendalikan oleh otak manusia

Bagian dari perangkat sistem mobil yang dikendalikan oleh otak manusia. (reuters)

Lalu bagaimana cara kerja alat tersebut?, Seorang anggota tim peneliti Zhang Zhao mengungkapkan melalui laman reuters, alat tersebut berfungsi untuk membaca gelombang otak manusia. Alat tersebut dilengkapi dengan 16 buah sensor yang dapat menangkap signal electrocencephalogram (EEG) dari otak pengemudi.

Signal EEG tersebut kemudian akan masuk ke alat pembaca signal otak yang selanjutnya akan langsung di transfer ke komputer secara nirkabel. Untuk menterjemahkan signal tersebut, para peneliti membuat sebuah program komputer khusus. Komputer khusus tersebut kemudian menerjemahkannya kedalam bentuk kontrol ke kendaraan yang dipasang.

Intinya, cara kerja alat tersebut adalah memproses signal EEG kemudian akan dikerjakan secara otomatis oleh komputer untuk menggerakkan mobil.

Lihat juga: Kebiasaan Negatif Ini Bisa Menurunkan Harga Jual Mobil.

Pengerjaan proyek ini dipimpin langsung oleh Dekan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Nankai, Profesor Duan Feng. Kedepan, penemuan ini akan dikembangkan seperti halnya mobil tanpa sopir buatan Google.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Keren! China Buat Mobil Yang Bisa Disetir Dengan Pikiran,


Diterbitkan pada: Kamis, 10 Desember 2015
Rating : 4.56 / 5 dari 9 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Keren! China Buat Mobil Yang Bisa Disetir Dengan Pikiran".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by:
Jeripurba.com copyright