MotoGP

Honda Masih Lebih Unggul Dari Yamaha di Semua Kelas MotoGP

Musim 2015 boleh jadi milik tim Movistar Yamaha karena pembalap andalan mereka, Jorge Lorenzo berhasil keluar sebagai juara dunianya. Namun, jika dilihat secara keseluruhan, diwartakan oleh Speedweek pada Senin (21/12/2015), ternyata pabrikan Honda masih berada di atas Yamaha.

Data mengenai keunggulan Honda atas Yamaha ini diambil sejak kali pertama keikutsertaan kedua tim pada semua ajang balap motor MotoGP. Ini artinya, data ini turut pula mengikutsertakan kelas 500 cc yang kini telah berubah nama menjadi MotoGP serta kelas 250 cc yang pada saat ini telah berubah nama menjadi Moto2.

Harga Motor MotoGP Honda RC213V-S

Gambar Motor Honda RC213V-S.

Berdasarkan data yang dihimpun tersebut, Honda telah memenangkan balapan sebanyak tujuh ratus delapan kali, di mana seratus empat belas di antaranya ada di kelas tertinggi yaitu MotoGP. Selain itu, seratus lima puluh enam kemenangan Honda diraih pula pada kelas 500 cc dan sebanyak dua ratus tujuh kemenangan pada Moto2.

Pesaing terdekat Honda yakni Yamaha, hingga saat ini baru mengoleksi sebanyak empat ratus sembilan puluh lima kemenangan. Keunggulan yang dimiliki Honda ini diyakini karena pabrikan dari Jepang tersebut seringkali menjadi pemasok mesin bagi sejumlah tim yang turut berlaga dalam balap MotoGP.

Sementara tim pabrikan asal Negeri Matahari Terbit lainnya yaitu Suzuki, berada pada posisi ketiga dengan total sebanyak seratus lima puluh lima kemenangan. Suzuki terutama mendapat paling banyak kemenangan dari kelas 500 cc. Di kelas tertinggi MotoGP, Suzuki baru mendapat satu kemenangan sementara di kelas terendah Moto3 mereka telah mengantongi hingga tiga puluh tiga kemenangan.

Pabrikan Italia Ducati membuat sebuah hasil mengejutkan dengan berada pada posisi keempat. Ducati telah mengoleksi sebanyak tiga puluh lima kemenangan, di mana tiga puluh satu di antaranya diraih pada kelas MotoGP dan sisanya dari kelas terendah Moto3.

Hasil baik Honda ini tentu menjadi prestasi tersendiri bagi pabrikan berlogo sayap terkembang itu. Meski tidak berhasil membawa piala gelar juara dunia MotoGP 2015 namun mereka masih bisa berbangga dengan raihan spektakuler ini.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Honda Masih Lebih Unggul Dari Yamaha di Semua Kelas MotoGP,


Diterbitkan pada: Senin, 21 Desember 2015
Rating : 4.50 / 5 dari 8 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright