Otomotif

Kurang Diminati, Honda Mobilio Akhirnya Disuntik Mati!


Jeripurba.com – Honda Mobilio, mobil 7 penumpang pesaing Toyota Avanza itu akhirnya di suntik mati. Itu artinya, Mobilio kedepan tidak akan diproduksi lagi.

Honda Mobilio Terbaru.

Honda Mobilio Terbaru 2017.

Namun jangan khawatir dahulu. Sebab penghentian produksi Honda Mobilio tersebut bukan di Indonesia melainkan untuk pasar India. Mengapa?. Seperti judul diatas, Mobilio di India ternyata kurang diminati. Berbeda dengan penjualannya di pasar tanah air.

Di Indonesia, penjualan Honda mobilio boleh dikatakan cukup sukses. Dalam sebulan pertama setelah diluncurkan, Honda Indonesia mengklaim jika New Honda Mobilio sudah terjual sebanyak 8.703 unit. Sementara penjualan untuk bulan Februari 2017 sebanyak 5.338 unit. Jumlah tersebut meningkat 58% dari bulan sebelumnya, yaitu sebesar 3.365 unit.

Namun berbeda 180 derajat dengan di India. Penjualan Honda Mobilio disana mengalami keterpurukan. Sejak dihadirkan untuk pasar India pada 2014 silam, Honda Mobilio hanya terjual sebanyak 40.789 unit. Karena penjualannya yang tidak membaik, Honda Car India akhirnya memutuskan untuk tidak menjual Mobilio disana. Disamping itu, mobil keluarga ini harus bersaing langsung dengan Maruti Suzuki Ertiga dan Renault Lodgy yang lebih diminati disana.

Kurang diminatinya Mobilio di India tak lepas dari fitur keselamatan yang tidak sesuai dengan standar disana. Hal itu di ungkap oleh Yoichiro Ueno, CEO dan Presiden Honda Cars india seperti dikutip dari laman www.DriveSpark.com.

“Ada peraturan tentang fitur keselamatan yang baru tahun ini. Honda Mobilio saat ini tidak sesuai dengan peraturan,” Katanya.

Untuk bisa terus menjual Mobilio disana, mereka harus melakukan perombakan besar. Baik model maupun pemenuhan fitur keselamatan standar disana. Itu berarti, Honda Car India harus mengeluarkan investasi yang jumlahnya tidak sedikit.

Pun demikian, Honda India masih mempertimbangkan untuk mengimpor New Honda Mobilio yang sudah beredar di Indonesia. Karena spesifikasi New Honda Mobilio yang ada di Indonesia saat ini sudah memenuhi fitur keselamatan diantaranya adalah adanya fitur hill start assist (HSA) dan vehicle stability assist (VSA).

Di India sendiri, harga Honda Mobilio dibanderol mulai Rp 141,4 jutaan hingga Rp 244 jutaan. Sebagai gantinya, Honda Car India fokus menjual Honda BR-V. Namun bila dibandingkan dengan mobilio, harga Honda BRV sedikit lebih mahal yaitu dikisaran Rp 174,3 jutaan hingga Rp 256,9 jutaan. Sementara di Indonesia, harganya dibanderol mulai Rp 233 jutaan hingga Rp 268 jutaan.


Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Kurang Diminati, Honda Mobilio Akhirnya Disuntik Mati!,


Diterbitkan pada: Selasa, 7 Maret 2017
Rating : 4.43 / 5 dari 14 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Kurang Diminati, Honda Mobilio Akhirnya Disuntik Mati!".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by:
Jeripurba.com copyright