Otomotif

Sepeda Motor VIAR Q1, Skuter Listrik Pertama Ber-STNK, Ini Harga dan Spesifikasi Lengkapnya

Jeripurba.com – Dalam waktu dekat, sepeda motor listrik Viar Q1 resmi mengaspal di jalanan Indonesia. Itu artinya, Viar Q1 menjadi skuter listrik pertama di Indonesia yang memiliki Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB). Sebagai informasi, prototype skuter listrik ini sudah dibuat pada tahun 2015 lalu. Satu tahun kemudian, yaitu di 2016, purwarupanya diperkenalkan pada ajang Pekan Raya Jakarta.

Setelah melalui serangkaian riset dan pengembangan bekerjasama dengan Universitas Gajah Mada, tahun 2017 kemudian Viar menandatangani nota kerjasama dengan perusahaan asal Jerman, Bosch. Akhirnya skuter listrik inipun mendapat Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Nomor Polisi serta surat izin jalan dari Kementerian Perhubungan dan Kementerian Perindustrian.

Harga Viar Q1 Skuter Listrik

Sepeda Motor Listrik Viar Q1.

Pekan lalu (15 Mei 2017), bentuk utuh skuter listrik Viar Q1 mulai diperkenalkan dalam acara Media Gathering 2017 Viar Electric Motor di kawasan Sunter, Jakarta Utara.

Nah, seperti apa spesifikasi, fitur dan berapa harga motor listrik Viar Q1 ini dibanderol?.

Walaupun sudah diperkenalkan, nyatanya Viar Q1 belum diluncurkan secara resmi. Rencananya, acara peluncuran resmi skuter listrik ini akan digelar pada 7 Juni 2017 mendatang.‎ Namun, info mengenai harga Viar Q1, spesifikasi serta fiturnya sudah dirilis melalui laman website resminya.

Tentang Skuter Listrik Viar Q1.
Polusi industri, efek rumah kaca dan asap emisi kendaraan bermotor menjadi penyebab pemanasan global di dunia. Berangkat dari isu mengenai pemanasan global yang sudah sangat mengkhawatirkan itulah, Viar sebagai produsen otomotif, tergerak untuk menghadirkan kendaraan baru yang lebih ramah lingkungan mengusung konsep Go Green.

Bekerjasama dan mendapat dukungan teknologi dari Bosch, sepeda motor listrik dari Viar ini mampu dipacu hingga kecepatan 60 km/jam. Dengan 5 jam pengisian daya, Viar Q1 mampu menempuh jarak hingga 60 km. Pengguna juga tidak direpotkan dengan pengisian daya skuter listrik ini. Untuk mengisi daya pada baterai Viar Q1, tersedia sebuah adaptor dengan kabel yang cukup panjang. Adaptor ini bisa digunakan dimana saja selagi ada sumber listrik yang tersedia.

Mengenai efisiensi, motor penggerak Viar Q1 diklaim memiliki tingkat penggunaan daya 90 persen lebih efisien dari motor penggerak berbahan bakar fosil. Ditambah lagi dengan adanya fitur Energy Saving. Fitur ini memungkinkan energi atau daya pada baterai tidak akan terpakai jika motor dalam keadaan berhenti. Demikian juga saat lampu utama dinyalakan, energi yang terpakai sangat sedikit.

Jika di kalkulasi, biaya yang dikeluarkan untuk menempuh jarak sejauh 100 km adalah Rp 2.700 dengan catatan bila harga listrik per kwh Rp 1.350.

Lihat juga: Penyebab motor matik boros minyak.

Sepeda motor listrik dengan desain stylish ini memiliki sejumlah fitur unggulan. Keunggulan Viar Q1 diantaranya adalah biaya perawatannya yang rendah. Karena didesain sedemikian rupa, Viar Q1 tidak perlu mengganti oli dan servis rutin seperti halnya sepeda motor berbahan bakar minyak.

Sistem kelistrikan Viar Q1 juga didesain kedap air. Sehingga motor ini mampu bertahan dalam kondisi dan cuaca di Indonesia, baik itu terkena hujan maupun cipratan dari genangan air.

Sementara untuk sistem keamanan, skuter listrik viar ini sudah dilengkapi dengan fitur alarm untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Ada juga tombol yang berfungsi untuk mengoperasikan motor listrik ini tanpa harus menggunakan kunci kontak.

Selain keunggulan tanpa polusi asap, Viar Q1 juga dirancang dengan minim suara. Baik pengendara atau orang-orang yang ada disekitar akan merasa nyaman karena skuter listrik ini bebas dari polusi suara.

Lebih jelas, Anda bisa melihat fitur-fitur Viar Q1 dari gambar dibawah ini:

Fitur Sepeda Motor Listrik Viar Q1

Fitur Sepeda Motor Listrik Viar Q1.

Dan spesifikasi lengkap Viar Q1 melalui gambar dibawah ini:

Spesifikasi Skuter Listrik Viar Q1

Spesifikasi Skuter Listrik Viar Q1.

Kedepan, Viar bersama Bosch akan terus mengembangkan sepeda motor listrik ini dengan menambahkan berbagai fitur dan teknologi terkini. Dengan mengusung konsep Smart Future Electric Motor, skuter listrik Viar akan terintegrasi dengan sistem smartphone dengan berbagai informasi penting bagi pengendara seperti navigasi, keselamatan, personalisasi, diagnosis/servis hingga ke fitur hiburan.

Ketersediaan, Pilihan Warna dan Harga Viar Q1.
Jika Anda tertarik ingin membeli skuter listrik buatan Viar dan Bosch ini, setidaknya Anda harus menunggu hingga bulan Juni 2017 mendatang. Kabar baiknya, Anda bisa melakukan pemesanan (pre-order) terlebih dahulu dengan membayar biaya booking sebesar Rp 500.000.

Sebagai info, pemesanan Viar Q1 sudah dibuka sejak 15 Mei 2017 dan akan berakhir pada 7 Juni 2017. Sedangkan pengiriman unit dilakukan secara bertahap mulai tanggal 8 Juni 2017. Konsumen yang melakukan pemesanan akan mendapatkan cashback senilai Rp 700.000 serta mendapatkan jersey dan retro helmet.

Saat ini ada dua pilihan warna Viar Q1 yang tersedia yaitu, Viar Q1 warna hitam (Milky White) dan Viar Q1 warna abu-abu (Matt Titanium Grey).

Skuter Listrik Viar Q1 Warna Putih.

Skuter Listrik Viar Q1 Warna Putih.

Skuter Listrik Viar Q1 Warna Abu-Abu

Skuter Listrik Viar Q1 Warna Abu-Abu.

 

 

Video Review Skuter Listrik Viar Q1.

 

Info pemesanan Viar Q1 silahkan kunjungi situs online www.blibli.com.

Lalu berapa sebenarnya harga motor listrik Viar Q1 dibanderol?. PT Triangle Motorindo, selaku produsen Viar Motor Indonesia membanderol motor ini seharga Rp 16.200.000. Harga tersebut merupakan harga OTR untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, tanggerang dan Bekasi.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Sepeda Motor VIAR Q1, Skuter Listrik Pertama Ber-STNK, Ini Harga dan Spesifikasi Lengkapnya,


Diterbitkan pada: Sabtu, 27 Mei 2017
Rating : 4.40 / 5 dari 10 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright