MotoGP

Jelang MotoGP Argentina 2019, Pengadilan Banding Putuskan Dovi Sah Juara GP Qatar

Jelang MotoGP Argentina 2019, pengadilan banding MotoGP mengeluarkan putusan tentang kasus Ducati terkait perangkat aero wing di swingarm motor Ducati Desmosedici GP19.

Putusan tersebut membolehkan Ducati menggunakan perangkat yang disebut-sebut sebagai winglet, wing swing-arm atau aero-wing. Perangkat ini belakangan disebut Ducati sebagai perangkat untuk mendinginkan ban belakang Desmosedici GP19.

Atas putusan itu, Dovi sah menjadi juara MotoGP Qatar 2019 dan berhak meraih 25 poin. Begitupun dengan pembalap Ducati lainnya, Danilo Petrucci yang berhasil finish diurutan keenam.

Mengutip dari laman MotoGP hari ini (27 Maret 2019), empat pabrik mengajukan protes terhadap perangkat pendingin ban yang digunakan oleh Ducati setelah GP Qatar. Keputusan akhirnya dibuat menjelang MotoGP Argentina 2019.

Perangkat Pendingin Ban Ducati Desmosedici GP19

Perangkat Pendingin Ban Ducati Desmosedici GP19. (motogp.com)

Seperti yang diberitakan sebelumnya, protes teknis mengenai penggunaan perangkat baru di motor Ducati diajukan oleh Tim Suzuki Ecstar terhadap Jack Miller, Tim Repsol Honda kepada Andrea Dovizioso dan KTM bersama Aprilia Racing Team Gresini kepada Danilo Petrucci.

Baca: Klasemen MotoGP 2019 Jelang MotoGP Argentina.

Keempat tim menganggap bahwa perangkat tersebut terutama merupakan perangkat aerodinamis dan karenanya tidak sesuai dengan peraturan teknis MotoGP. Menurut mereka perangkat tersebut bisa memberikan efek downforce.

Downforce adalah dorongan ke bawah yang diciptakan oleh karakteristik aerodinamis. Fungsi downforce adalah untuk memungkinkan kendaraan melaju lebih cepat melalui tikungan dengan meningkatkan kekuatan vertikal pada ban, sehingga menciptakan lebih banyak cengkeraman.

Namun klaim efek downforce dan semua protes mereka ditolak.

Kemudian keempat tim mengajukan banding terhadap keputusan Steward MotoGP ke Pengadilan Banding MotoGP. Setelah sidang di Mies pada hari Jumat 22 Maret, Pengadilan Banding MotoGP menjatuhkan keputusannya hari ini 26 Maret 2019.

Pengadilan Banding MotoGP menetapkan bahwa hasil MotoGP Argentina 2019 dinyatakan final dan permintaan untuk menyatakan perangkat ilegal dan melarang penggunaannya dalam balapan di masa depan, ditolak.

Lihat juga: Polemik Winglet Ducati Desmosedici GP19, Akankah Gelar Juara Dovi di Qatar Dicabut?

Banding terhadap keputusan ini dapat diajukan ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) di Lausanne Swiss dalam waktu 5 hari sesuai dengan Pasal 3.9 Peraturan Grand Prix Kejuaraan Dunia FIM 2019. via: MotoGP.com

Jelang MotoGP Argentina 2019, Pengadilan Banding Putuskan Dovi Sah Juara GP Qatar,


Diterbitkan pada: Rabu, 27 Maret 2019
Rating : 3.75 / 5 dari 4 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Pria ganteng ini sangat menyukai dunia dunia otomotif dan olahraga terutama motogp. Di jeripurba.com Ari menjadi kontributor dan menulis untuk kategori otomotif dan motogp.

author

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika serta bertanggung jawab!. Diskusi hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Jelang MotoGP Argentina 2019, Pengadilan Banding Putuskan Dovi Sah Juara GP Qatar".

Copyright by:
Jeripurba.com copyright