Games dan Aplikasi HP

Ratusan Aplikasi Resmi di App Store Disusupi Malware XcodeGhost

Ratusan aplikasi resmi yang ada di Apple Store terutama untuk iPhone dan iPad di laporkan telah disusupi malware jahat yang bernama XcodeGhost. Hal itu diketahui setelah Apple resmi mengkonfirmasinya. Kejadian ini merupakan kebobolan yang cukup mengkhawatirkan, mengingat Apple sampai saat ini sangat ketat untuk urusan seleksi semua aplikasi-aplikasi yang terlisting didalam App Store milik mereka itu.

Salah satu perusahaan penyedia keamanan cyber yaitu Palo Alto Network, menyatakan setidaknya ada lima malware yang pernah menyusupi tempat download dan belanja aplikasi milik Apple itu. Selain Palo Alto Network, sejumlah perusahaan peneliti keamanan cyber lainnya juga menemukan dan melaporkan adanya sebuah malware yang bernama XcodeGhost. Malware ini bahkan telah menginfeksi didalam ratusan aplikasi resmi yang ada di App Store.

Malware XcodeGhost Di Aplikasi iPhone

Gambar Ilustarsi Malware XcodeGhost.

Dengan adanya malware di aplikasi-aplikasi tersebut, akhirnya membuat pihak Apple memutuskan untuk melakukan bersih-bersih sejak hari minggu kemarin. Betapa tidak, ini merupakan serangan pertama yang dianggap cukup serius oleh mereka.

Melalui juru bicara Apple, Christine Monaghan, pihaknya telah menghapus semua aplikasi yang ada di App Store yang dibuat dengan tool atau aplikasi Xcode palsu.

Lalu bagaimana sebenarnya malware XcodeGhost bisa masuk dan melewati seleksi ketat di Apple Store?. Melalui laman Reuters, Apple menyebut jika malware tersebut disusupkan ke dalam sejumlah aplikasi setelah pembuatnya menipu para pengembang aplikasi. Caranya dengan membuat Xcode, atau sebuah tool untuk membantu pengembang membuat aplikasi berbasis iOS dan MAC OS.

Namun sayangnya, Apple belum memberikan solusi bagaimana cara mengatasi bagi pengguna terutama iPhone dan iPad terkait dengan terlanjurnya menggunakan aplikasi yang telah disusupi oleh malware XcodeGhost tersebut. Mereka hanya memastikan kedepan jika semua pengembang aplikasi berbasis iOS dan MAC OS akan menggunakan Xcode yang benar-benar bersih dari malware.

Dibandingkan dengan Google Play Store, Apple Store memang terkenal dengan seleksi ketatnya dalam menyaring kemudian menerima aplikasi atau games dari pengembang. Sehingga banyak yang menilai jika semua aplikasi di Apple Store aman dan terbebebas dari virus maupun malware. Namun pada kenyataannya, tempat download aplikasi untuk iPhone, iPad dan perangkat MAC OS tersebut akhirnya KO juga dengan serangan malware XcodeGhost.

Ratusan Aplikasi Resmi di App Store Disusupi Malware XcodeGhost,


Diterbitkan pada: Senin, 21 September 2015
Rating : 3.75 / 5 dari 4 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Pria ganteng yang akrab dipanggil Randy ini memiliki rasa ingin tahu yang besar terhadap dunia teknologi. Di Jeripurba.com dia menulis berita untuk kategori Gadget, Hardware, Software dan Aplikasi.

author

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika serta bertanggung jawab!. Diskusi hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Ratusan Aplikasi Resmi di App Store Disusupi Malware XcodeGhost".

Copyright by:
Jeripurba.com copyright