Tips dan Trik

Cara Menghemat Kuota Internet Di Instagram, Facebook dan Snapchat

Tiga aplikasi media sosial populer yaitu Facebook, Instagram dan Snapchat merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan oleh warganet di Indonesia. Namun sayangnya, selain YouTube ternyata tiga aplikasi ini disinyalir cukup menguras penggunaan kuota internet.

Tidak masalah jika Anda menggunakan kuota internet gratisan semisal WiFi gratis. Namun amat sangat terasa jika Anda menggunakan kuota internet berbayar. Ditambah lagi tarif paket data internet operator di Indonesia umumnya masih terbilang mahal.

Terkadang dalam satu bulan Anda bisa menghabiskan kuota internet lebih dari 5 GB. Itu berarti rata-rata Anda  harus merogoh kocek lebih dari 50 ribu rupiah setiap bulannya hanya untuk membeli paket internet, diluar pulsa utama.

Cara Hemat Kuota Data Internet

Facebook, Instagram dan Snapchat.

Untuk mensiasati dan menghemat kuota internet saat menggunakan aplikasi Facebook, Instagram maupun Snapchat, Anda bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Terbaru adalah aplikasi Google Datally, fungsinya untuk memonitor dan mengontrol penggunaan kuota internet. Anda bisa memanfaatkan aplikasi penghemat kuota internet sejenis ini.

Namun jika Anda tidak ingin menggunakan tambahan aplikasi lain, Anda bisa menghemat penggunaan kuota internet di aplikasi Instagram, Facebook dan Snapchat hanya dengan melakukan sedikit pengaturan pada masing-masing aplikasi tersebut.

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menghemat kuota internet Instagram, Facebook dan Snapchat.

 

Pengaturan aplikasi Instagram untuk menghemat kuota internet.

Hampir sama dengan Facebook, aplikasi Instagram juga merupakan aplikasi yang boros kuota internet. Hampir keseluruhan konten di Instagram adalah gambar-gambar dan video. Sehingga aktifitas unggah dan melihat konten tersebut sangat menguras penggunaan kuota internet.

Untuk menghemat kuota internet di Instagram, Anda cukup melakukan pengaturan sederhana seperti berikut ini :

  • Silahkan masuk ke menu profil.
  • Tap menu pengaturan dibagian atas kanan aplikasi Instagram.
  • Geser kebawah sampai Anda menemukan menu “Penggunaan Data Selular”.
  • Tap dan aktifkan fitur “Gunakan Lebih Sedikit Data”.
Cara Hemat Data Instagram

Cara Hemat Data Instagram.

Dengan cara ini, Anda sudah mengaktifkan mode hemat kuota internet di Instagram.

 

Pengaturan aplikasi Facebook untuk menghemat kuota internet.

Umumnya, pengguna di Indonesia mengakses aplikasi Facebook di hp Android mereka lebih dari 1 kali dalam sehari. Berjam-jam lamanya melihat status terbaru, melihat foto, gambar dan video pastinya membuat pemakaian kuota internet boros.

Nah, untuk menghemat kuota internet di Facebook, Anda bisa melakukannya dengan mudah yaitu dengan cara mengaktifkan beberapa opsi di pengaturan sebagai berikut :

Yang pertama adalah jika menu Mode Data tersedia, Anda bisa mengaktifkannya dengan tap tanda tanya seperti pada gambar dibawah, kemudian aktifkan fitur “Penghemat Data”.

Mode Hemat Data Facebook

Mode Hemat Data Facebook.

Namun jika Mode Data tidak tersedia, Anda bisa mematikan beberapa opsi di pengaturan Facebook untuk menghemat penggunaan data. Caranya :

  • Masuk ke menu pengaturan dengan tap ikon tiga garis yang terdapat di bagian sisi kanan atas aplikasi Facebook.
  • Geser kebawah dan temukan menu “Pengaturan Aplikasi”.
  • Matikan beberapa opsi seperti : Video di Kabar Berita Dimulai Dengan Suara, Suara di Aplikasi, Mengunggah Kontak Secara Terus Menerus, Unggah Semua Foto Dalam HD, Unggah Semua Video Dalam HD serta opsi Putar Otomatis.
Pengaturan Facebook Untuk Menghemat Data

Pengaturan Facebook Untuk Menghemat Data.

Dengan mematikan opsi-opsi tersebut, Anda sudah menghemat penggunaan data internet di aplikasi Facebook yang Anda gunakan.

 

Pengaturan aplikasi Snapchat untuk menghemat kuota internet.

Meski tidak sepopuler Facebook dan Instagram, nyatanya cukup banyak pengguna di Indonesia yang menggunakan aplikasi Snapchat di ponsel mereka. Konten video singkat baik saat pengguna mengunggah atau menontonnya sangat menguras kuota data internet.

Jika Anda pengguna aplikasi Snapchat dan tidak ingin kuota internet boros akibat sering mengakses aplikasi ini, Anda bisa melakukan sedikit pengaturan sebagai berikut :

  • Masuk ke menu setting aplikasi Snapchat disebelah kanan atas.
  • Geser kebawah dan temukan menu “Mengelola Preferensi”.
  • Selanjutnya aktifkan fitur “Mode Penghematan Data”.
Cara Hemat Data Snapchat

Cara Hemat Data Snapchat.

Demikian cara menghemat kuota internet di Instagram, Facebook dan Snapchat.  Cukup mudah bukan?. Silahkan diterapkan dan rasakan perbedaannya.

 

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Cara Menghemat Kuota Internet Di Instagram, Facebook dan Snapchat,


Diterbitkan pada: Kamis, 21 Desember 2017
Rating : 4.14 / 5 dari 14 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Dian merupakan kontributor untuk kategori gadget, smartphone, tablet dan aplikasi.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright