HP Smartphone Terbaru

Tahukah Anda Ponsel Game dan Game Ponsel Pertama Di Dunia?

Jika Anda mengira ponsel Motorola atau Nokia merupakan ponsel game pertama yang ada di dunia, maka Anda keliru. Ternyata ponsel pertama yang ada permainannya adalah Hagenuk MT-2000, merupakan ponsel buatan yang di desain dan di produksi oleh HAGENUK di Støvring, Denmark. Ponsel ini mulai dipasarkan pada tahun 1994 dan merupakan ponsel game pertama di dunia dengan antena built-in yang bekerja di jaringan GSM. Ponsel ini kemudian dipasarkan dalam dua nama yaitu Hagenuk dan Cetelco.

Hagenuk MT-2000 - Ponsel Game Pertama Di Dunia

Hagenuk MT-2000 – Ponsel Game Pertama Di Dunia. Gambar: WIkipedia.

Jika Hagenuk MT-2000 merupakan GSM ponsel game pertama di dunia, tentu game yang ada di dalamnya otomatis juga menyandang gelar sebagai game ponsel pertama di dunia. Nah, tahukah Anda game apakah yang ada didalam Hagenuk MT-2000?. Jawabannya adalah Tetris.

Meski ponsel pertama di dunia (handphone) dipegang oleh Motorola pada tahun 1973, kemudian dirilis dan dikomersilkan pertama kalinya lewat DynaTAC 8000x pada tahun 1983 (wikipedia), namun pada masa itu belum satupun fitur game yang disematkan kedalam sebuah ponsel komersil.

Motorola DynaTAC 8000X - Ponsel Komersil Pertama Di Dunia

Motorola DynaTAC 8000X – Ponsel Komersil Pertama Di Dunia. Gambar: Wikipedia.

Nokia-pun baru menyematkan fitur game pada jajaran ponsel-nya tiga tahun setelah Hagenuk MT-2000 dipasarkan. Meskipun produk ponsel GSM pertama Nokia yaitu Nokia 1011 di produksi pada tahun 1992 sebelum Hagenuk MT-2000 di produksi, namun Nokia belum menyematkan fitur game didalamnya.

Tiga tahun berselang dari rilis Hagenuk MT-2000 yaitu pada tahun 1997, barulah Nokia menyematkan fitur game pada ponsel seri Nokia 6110. Bukan game Tetris seperti di Hagenuk MT-2000, melainkan game Snake (ular) yang masih melegenda sampai saat ini.

Nokia 6110 - Ponsel Game Pertama Nokia

Nokia 6110 – Ponsel Game Pertama Nokia. Gambar: Wikipedia.

Pertanyaannya kemudian, mengapa HAGENUK memilih game Tetris?. Zaman dahulu keterbatasan hardware menjadi kendala utama untuk memasukkan fitur atau sebuah game, tidak seperti teknologi smartphone saat ini yang sangat canggih. Selain itu, Hagenuk MT-2000 juga di desain sebagai ponsel dengan tujuan hanya untuk memanggil dan menerima telepon saja.

Namun sayangnya, merk-merk ponsel HAGENUK tidak sesukses merk Nokia kala itu. Sehingga orang-orang tidak mengenal dan kurang tertarik dengan ponsel tersebut. Meski demikian, Hagenuk MT-2000 boleh dikatakan sebagai ponsel yang menjadi cikal bakal lahirnya ponsel-ponsel game dengan teknologi yang canggih seperti yang ada saat ini. Sejarahpun akan mencatat dan mengingat Hagenuk MT-2000 sebagai ponsel game pertama di dunia.

Tahukah Anda Ponsel Game dan Game Ponsel Pertama Di Dunia?,


Diterbitkan pada: Rabu, 19 November 2014
Rating : 4.33 / 5 dari 3 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika serta bertanggung jawab!. Diskusi hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Tahukah Anda Ponsel Game dan Game Ponsel Pertama Di Dunia?".

Copyright by:
Jeripurba.com copyright