Tips dan Trik

Mengatasi Aplikasi Smart VoLTE Tidak Bisa Nelpon dan SMS

Jeripurba.com – Untuk bisa menikmati layanan telepon dan sms pada kartu Smartfren, pengguna hp selain Andromax bisa menggunakan aplikasi Smart VoLTE. Seperti misalnya Samsung Galaxy J Series. Lalu, apa itu VoLTE?.

VoLTE adalah singkatan dari Voice Over Long Term Evolution. Dengan fitur dan teknologi VoLTE, pelanggan Smartfren dapat menelpon maupun melakukan panggilan video yang terhubung dengan jaringan 4G LTE Advanced milik Smartfren.

Pertanyaannya kemudian, apakah hanya hp Andromax 4G LTE atau Samsung Galaxy J Series saja yang bisa menggunakan kartu Smartfren dan bisa menelpon atau sms dengan teknologi VoLTE nya?. Tentu saja tidak. Berikut beberapa hp yang bisa dipasang kartu Smartfren dan atau dapat menggunakan aplikasi Smart VoLTE.

Daftar HP 4G Yang Bisa Menggunakan Kartu Smartfren dan Layanan VoLTE.

Nah, jika Anda menggunakan salah satu smartphone diatas, dipastikan Anda bisa internetan, nelpon dan SMS menggunakan kartu Smartfren dengan menginstal aplikasi Smart VoLTE.

Aplikasi Smart VoLTE Error!

Permasalahan yang sering ditemukan bagi pengguna hp selain Andromax 4G LTE seri terbaru adalah mereka tidak bisa melakukan panggilan dan SMS, hanya bisa berinternet saja, sekalipun sudah menginstal aplikasi Smart VoLTE didalamnya.

Cara Mengatasi Kartu Smartfren dan Aplikasi Smart VoLTE Tidak Bisa Nelepon dan SMS

Cara Mengatasi Kartu Smartfren dan Aplikasi Smart VoLTE Tidak Bisa Nelpon dan SMS.

Awalnya saat membeli smartphone yang di bundling dengan kartu Smartfren 4G LTE, tidak ada masalah. Pengguna bisa menelpon dan sms dengan lancar mengunakan aplikasi Smart VoLTE. Namun, saat mereka melepas dan mengganti kartu lain, kemudian memasang kembali kartu Smartfren, aplikasi Smart VoLTE tidak bisa digunakan. Dengan begitu, mereka tidak bisa melakukan panggilan dan SMS memakai kartu Smartfren. Hanya bisa internetan saja.

Biasanya ini terjadi pada hp 4G dengan dual SIM.

Saat aplikasi Smart VoLTE dibuka, pengguna umumnya akan menemukan pesan “Sepertinya Anda telah mengganti SIM Card yang berbeda dengan saat terakhir menggunakan aplikasi. Anda perlu mengaktifkan kembali aplikasi ini…..”.

Ketika pengguna mencoba mengaktifkan kembali, muncul pesan “Menprovisioning gagal” atau “Kami tidak dapat mencocokkan akun Anda.”

Jika Anda menemui masalah seperti itu, jangan langsung menyalahkan aplikasi atau menyalahkan ponsel Anda. Apalagi langsung membantingnya kelantai.

Untuk mengatasi masalah aplikasi Smart VoLTE tidak bisa digunakan menelpon dan SMS, solusinya sangat mudah. Tidak perlu menghapus aplikasi dan menginstal ulang kembali.

Cukup dengan merubah kembali pengaturan pada kartu SIM yang Anda gunakan. Berikut solusi dan cara mengatasi kartu Smartfren atau aplikasi Smart Volte yang tidak bisa terhubung ke internet, tidak bisa nelpon dan sms dengan mudah :

Pengaturan Kartu Smartfren Smart VoLTE

Pengaturan Kartu Smartfren Smart VoLTE Pada Galaxy J1 2016.

Solusi Kartu Smartfren dan Aplikasi Smart VoLTE Tidak Bisa Nelpon dan SMS

  • Jika Anda pengguna smartphone dual SIM Card, sebaiknya letakkan kartu Smartren pada slot 1 dan kartu lainnya pada slot 2.
  • Matikan terlebih dahulu koneksi internetnya. Kemudian masuk ke pengaturan Pengelola Kartu SIM (Samsung Galaxy J1 2016).
  • Ubah pengaturan panggilan telepon atau Panggilan Suara ke kartu Smartfren seperti gambar diatas.
  • Nyalakan kembali koneksi internet. Pilih pada Jaringan Layanan Data kartu Smartfren.
  • Sekarang buka aplikasi Smart VoLTE.
  • Aktifkan kembali jika aplikasi memintanya.
  • Jika berhasil, aplikasi Smart VoLTE akan menginisialisasi koneksi, menkonfigurasi sampai memulihkan data pengguna sebelumnya dan Anda akan dibawa kedalam menu aplikasi Smar VoLTE.
Nelepon dan SMS Smartfren VoLTE hp Samsung

Mengaktifkan Aplikasi Smartfren Smart VoLTE di hp Samsung.


Bagaimana, cukup mudah bukan?. Itulah cara dan solusi bagaimana mengatasi aplikasi Smar VoLTE yang error. Jika bermanfaat, silahkan dibagikan.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Mengatasi Aplikasi Smart VoLTE Tidak Bisa Nelpon dan SMS,


Diterbitkan pada: Kamis, 30 Maret 2017
Rating : 4.62 / 5 dari 13 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Pria ganteng yang akrab dipanggil Randy ini memiliki rasa ingin tahu yang besar terhadap dunia teknologi. Di Jeripurba.com dia menulis berita untuk kategori Gadget, Hardware, Software dan Aplikasi.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Mengatasi Aplikasi Smart VoLTE Tidak Bisa Nelpon dan SMS".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by:
Jeripurba.com copyright