Games dan Aplikasi HP

Apple Tendang Aplikasi Mata-Mata di App Store

Kurang lebih sebanyak 200-an aplikasi mata-mata dan aplikasi yang dianggap bermasalah telah di tendang keluar dari App Store oleh Apple. Aksi sapu bersih tersebut dilakukan mengingat semua aplikasi tersebut terbukti telah melanggar kebijakan dan cukup membahayakan bagi penggunanya.

Disinyalir, aplikasi yang dibuat dengan menggunakan SDK advertising Youmi dari negeri tirai bambu itu bisa mengumpulkan semua informasi dan data pribadi pengguna iPhone dan iPad melalui privat API. Informasi data pribadi yang bisa dikumpulkan tersebut menurut Apple diantaranya adalah seluruh daftar aplikasi yang telah di download dan alamat email yang dibuat sebagai akun Apple ID milik pengguna.

Sayangnya, Apple tidak merinci daftar aplikasi mata-mata yang telah di tendang dari toko aplikasi milik mereka itu. Namun menurut kabar yang diberitakan oleh laman phone arena, beberapa aplikasi tersebut merupakan aplikasi yang cukup populer yang sudah di download lebih dari 1 juta kali. Salah satunya aplikasi resmi McDonald’s China.

Baca juga: Ratusan Aplikasi Resmi di App Store Disusupi Malware XcodeGhost.

Kebanyakan semua aplikasi yang bermasalah tersebut digunakan oleh user yang berada di China karena dibuat oleh pengembang disana menggunakan SDK Youmi yang tidak menyadari jika SDK tersebut sebenarnya bermasalah.

Setelah melakukan tindakan tegas dengan aksi sapu bersih terhadap aplikasi yang bermasalah, kini Apple telah mengaktifkan pemblokiran otomatis setiap aplikasi yang di submit ke App Store menggunakan SDK Youmi.

Apple Tendang Aplikasi Mata-Mata di App Store,


Diterbitkan pada: Selasa, 20 Oktober 2015
Rating : 3.50 / 5 dari 2 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Pria ganteng yang akrab dipanggil Randy ini memiliki rasa ingin tahu yang besar terhadap dunia teknologi. Di Jeripurba.com dia menulis berita untuk kategori Gadget, Hardware, Software dan Aplikasi.

author

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika serta bertanggung jawab!. Diskusi hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Apple Tendang Aplikasi Mata-Mata di App Store".

Copyright by:
Jeripurba.com copyright