Sosial Media

Selamat Jalan Google Reader, Aku Back Up Data Dahulu

Salah satu layanan dari Google yang cukup bermanfaat khususnya bagi blogger yaitu Google Reader akhirnya resmi ditutup per 1 Juli 2013. Setelah 1 Juli, kita tidak bisa mengakses laman ini lagi. Cobalah untuk mengakses ke laman Google Reader sekarang, ada pemberitahuan untuk segera melakukan back up data dengan segera, “Reader will not available after 1 July 2013. Please be sure to back up your data“.

Untuk mem-back up seluruh data yang ada di Google Reader, silahkan klik di sudut kanan atas ikon setting kemudian klik “Reader Settings“. Berikutnya adalah klik tab “Import/Export“. Dibagian bawah, klik “Download your data through Takeout” kemudian kita akan di alihkan ke halaman Google Takeout untuk membuat arsip data yang akan kita download. Silahkan klik tombol “CREATE ARCHIVE” untuk men-download data yang ada di Google Reader kita. File ini dalam bentuk ZIP.

Google Reader ditutup

 

Mengapa Google Reader ditutup?. Padahal layanan pengumpul RSS dari berbagai situs ini cukup bermanfaat. Ataukah karena Google akan mengoptimalkan Google Currents untuk menggantikan fungsi Google Reader?. Yang pasti sebagian orang akan kecewa dengan penutupan layanan ini. Terutama bagi mereka yang terbiasa membaca berita melalui layanan RSS.

Cara Back Up data di Google Reader

 

Bagaimana menyiasatinya?. Jika kita terbiasa menggunakan layanan RSS seperti Google Reader, bisa menggunakan alternatif lain semisal Feedly, Digg Reader, AOL Reader, The Old Reader atau Flipboard. Kelima layanan RSS ini sudah cukup terkenal. Fungsi dan penggunaannya juga mirip dengan Google Reader.

Selamat Jalan Google Reader, Aku Back Up Data Dahulu 🙂 .

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Selamat Jalan Google Reader, Aku Back Up Data Dahulu,


Diterbitkan pada: Minggu, 30 Juni 2013
Rating : 4.50 / 5 dari 2 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright