Sains

Cina Kirimkan Yutu, Seekor Kelinci Lucu Ke Bulan

Jika sebelumnya NASA berencana melakukan ‘penghijauan di bulan”, Cina juga tidak mau kalah ambil bagian melakukan perjalanan dan tamasya ke bulan. Bukan manusia, namun seekor kelinci yang akan dikirim kesana. Kelinci lucu yang “beruntung” mendapat mandat dari tim antariksanya Cina tersebut diberi nama Yutu.

Bukan tanpa alasan kelinci lucu ini diberi nama Yutu. Mengapa?, karena kelinci yang beruntung tersebut rencananya akan diberangkatkan pada hari minggu, tanggal 01 Desember 2013 pukul 17.30 GMT (Chang’e-3 lunar probe). Nah, dalam legenda Cina sendiri, Chang’e merupakan Dewi yang tanpa sengaja telah menelan pil keabadian dan akhirnya terbang bersama seekor kelinci yang ikut bersamanya ke bulan. Yutu disimbolkan sebagai kebaikan, kemurnian, kelincahan dan kedamaian.

Seperti yang diketahui, Yutu bukanlah kelinci pertama yang dikirim bertamasya ke luar angkasa. Tepatnya pada bulan Juli tahun 1959, seekor kelinci yang diberi nama Marfusha juga pernah dikirim dalam misi luar angkasa. Waktu itu Marfusha tidak sendiri seperti Yutu. Dia ditemani oleh dua ekor anjing yaitu Snezhinka dan Otvazhnaya. Hebatnya, ketiga hewan ini berhasil dan mencatatkan sukses sebanyak 5 kali PP (pulang-pergi) ke luar angkasa dalam tahun 1959 sampai 1960.

Selain hewan seperti kelinci dan anjing, hewan lain seperti monyet, kucing serta bulu babi diketahui pernah dikirim juga dalam misi keluar angkasa. Pastinya setiap hewan yang dikirim dalam misi tersebut, telah memenuhi kriteria tertentu serta telah melewati proses Karena setiap binatang tersebut pasti telah melalui proses disinfektisasi yang ketat.

Cina Kirimkan Kelinci Ke Bulan

Kemungkinan Yutu akan mendarat di bulan sekitar tanggal 14 Desember 2013. Dia akan didaratkan tepat di daerah yang dikenal dengan nama Sea of Rainbows. Tentunya jika proyek ini berjalan sesuai dengan rencana. Setelah mendarat, peralatan yang dikendari Yutu (rover beroda enam) akan melakukan ekplorasi. Rencananya penelitian ini akan berlangsung selama 3 bulan dengan tujuan utama untuk mencari sumber daya yang ada disana. Sumber dan gambar: www.theverge.com

Nah, tentu iri dong sama si Yutu yang bisa tamasya ke bulan. Bisa-bisanya kalah sama hewan. Ya, semoga saja kelinci lucu (Yutu) ini tidak nakal selama berada dibulan nanti. Jangan sampai menghabiskan tanaman disana, bisa gagal proyek pengijauan NASA 🙂 .

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Cina Kirimkan Yutu, Seekor Kelinci Lucu Ke Bulan,


Diterbitkan pada: Sabtu, 30 November 2013
Rating : 4.50 / 5 dari 2 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Cina Kirimkan Yutu, Seekor Kelinci Lucu Ke Bulan".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by:
Jeripurba.com copyright