Tips dan Trik

Menghilangkan Kategori Tertentu Di Halaman Depan WordPress

Bagaimana cara menghilangkan kategori tertentu pada halaman depan atau halaman index wordpress?. Secara default, theme pada wordpress akan menampilkan seluruh artikel-artikel yang baru di publish. Nah, misalnya kita tidak menginginkan postingan baru tersebut tampil di halaman depan, karena kategori dari postingan tersebut tidak penting-penting amat, bisa dengan sedikit memodifikasi kode php yang ada pada theme wordpress. Biasanya theme-theme wordpress dengan genre personal blog, kode php nya sama.

Cara Menghilangkan Kategori Tertentu Pada WordPress

Silahkan buka dashboard WordPress, di bagian “Appearance” klik “Editor”. Cari file index.php.  Kemudian cari kode php yang mirip seperti ini :

<?php if (have_posts()) : while (have_posts()) : the_post(); ?>

 

Ganti dengan kode ini :

<?php if ( have_posts() ) : query_posts($query_string .’&cat=-13,-26‘); while ( have_posts() ) : the_post(); ?>

 

Perhatikan kode yang bold diatas. Itu merupakan ID dari kategori yang tidak ingin kita tampilkan pada halaman depan blog/website kita. Ganti kode tersebut dengan ID kategori wordpress yang tidak ingin kita tampilkan. Silahkan menuju ke artikel ini untuk melihat cara mengetahui ID Kategori WordPress. Dalam contoh diatas, ada dua kategori yang tidak akan di tampilkan. Yaitu kategori wordpress dengan ID 13 dan 26.  Setelah di ganti, silahkan “Update File” dan lihat hasilnya.

Demikian catatan singkat mengenai cara menghilangkan kategori tertentu pada wordpres. Semoga bermanfaat.

Nah, jika Anda memutuskan untuk membuat website atau blog berbasis WordPress, Anda bisa mencari panduannya di internet. Ada banyak tutorial bagaimana cara membuat blog dengan cms WordPress. Salah satu tutorial lengkap yang membahas cara membuat blog bisa Anda baca melalui laman Hostinger Indonesia WordPress Tutorial.

Seorang pemula pun bisa membuat blog di WordPress dengan mengikuti proses dan langkah demi langkah yang ada didalam tutorial tersebut. Silahkan mencoba dan selamat berkreasi.

Menghilangkan Kategori Tertentu Di Halaman Depan WordPress,


Diterbitkan pada: Kamis, 4 Juli 2013
Rating : 4.25 / 5 dari 4 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika serta bertanggung jawab!. Diskusi hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Menghilangkan Kategori Tertentu Di Halaman Depan WordPress".

Copyright by:
Jeripurba.com copyright