Lowongan Kerja

Jadwal Penerimaan dan Pelaksanaan Seleksi CPNS 2013

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ( KemenPAN ) sudah menetapkan jadwal Penerimaan dan Pelaksanaan Seleksi CPNS 2013. Jadwal penerimaan PNS tersebut tertuang dalam surat edaran dengan Nomor : SE/10/M.PAN-RB/08/2013 yang ditandatangani oleh Bapak Azwar Abubakar selaku menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, tertanggal 21 Agustus 2013.

Surat edaran yang ditujukan kepada Pejabat Pembina Kepegawaian Pusat dan Pejabat Pembina Kepegawaian Daerah mengenai Jadwal Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2013 dari tenaga honorer kategori II dan pelamar umum (dengan sistem lembar jawaban komputer dan sistem Computer Assisted Test) serta spesifikasi materi tes kompetensi dasar CPNS pelamar umum untuk proses penggandaan, berisi point penting diantaranya adalah :

  • Jadwal pelaksanaan seleksi CPNS dari tenaga honorer K-II.
  • Jadwal pelaksanaan seleksi CPNS dari Pelamar Umum dengan sistem LJK .
  • Jadwal pelaksanaan seleksi CPNS dari Pelamar Umum dengan sistem CAT
  • Spesifikasi materi tes kompetensi dasar CPNS dari pelamar umum sebagai bahan untuk melaksanakan proses pelelangan dalam rangka penggandaan oleh instansi pelaksana (K/L, Provinsi, Kabupaten/Kota)

Nantinya sebanyak 329 instansi pemerintah yang terdiri dari 69 Kementerian / Lembaga, 23 Provinsi dan 237 Kabupaten / Kota rencananya akan menggelar rekrutmen CPNS 2013 dari jalur pelamar umum.

Metode dan Sistem Tes CPNS 2013.

Berbeda dari sistem tes CPNS di tahun sebelumnya, tahun 2013 ini pelaksanaan tes CPNS dibagi dalam dua metode. Metode pertama test menggunakan sistem seperti biasa yaitu dengan Lembar Jawaban Komputer ( LJK ). Sedangkan metode kedua menggunakan Sistem Computer Assested Test ( CAT ).

CAT (Sistem Computer Assested Test) sendiri merupakan metode ujian dengan alat bantu yang menggunakan komputer. Masing-masing peserta nantinya akan mendapat soal serta tingkat kesulitan yang berbeda satu sama lainnya karena fungsi aplikasi ini akan merandom soal-soal tersebut. Materi yang tersimpan dalam aplikasi ini terdiri dari Tes Pengetahuan Umum, Tes Skala Kematangan dan Tes Kepegawaian. Dengan menerapkan metode ini, diharapkan kerahasiaan soal dan jawaban akan terjamin.

Tes CPNS 2013 melalui sistem LJK baik itu dari kategori II ( Tenaga Honorer ) maupun pelamar umum rencananya akan dilaksanakan pada 03 November 2013. Tes dengan Lembar Jawaban Komputer ( LJK ) ini meliputi Tes Kompetensi Dasar ( TKD ) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB). Setelah itu, bagi yang memakai sistem CAT akan melaksanakannya setelah Tes dengan Lembar Jawaban Komputer (LJK) dilaksanakan.

Berikut adalah Jadwal Penerimaan dan Pelaksanaan Seleksi CPNS 2013, klik gambar untuk memperbesar.

Jadwal Pelaksanaan Seleksi CPNS dari Tenaga Honorer K-II Tahun 2013

Jadwal Pelaksanaan Seleksi CPNS dari Tenaga Honorer K-II Tahun 2013

Jadwal Pelaksanaan Seleksi CPNS dari Tenaga Honorer K-II Agustus Tahun 2013

 

Jadwal Pelaksanaan Seleksi CPNS dari Pelamar Umum dengan Sistem LJK Tahun 2013

Jadwal Pelaksanaan Seleksi CPNS dari Pelamar Umum dengan Sistem LJK Tahun 2013

Jadwal Pelaksanaan Seleksi CPNS dari Pelamar Umum dengan Sistem LJK Agustus Tahun 2013

 

Jadwal Pelaksanaan Seleksi CPNS dari Pelamar Umum dengan Sistem CAT (Sistem Computer Assested Test)

Jadwal Pelaksanaan Seleksi CPNS dari Pelamar Umum dengan Sistem CAT 2013

 

Surat edaran mengenai Jadwal Penerimaan dan Pelaksanaan Seleksi CPNS 2013 ini dapat di download melalui website resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ( KemenPAN ) di sini.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Jadwal Penerimaan dan Pelaksanaan Seleksi CPNS 2013,


Diterbitkan pada: Kamis, 29 Agustus 2013
Rating : 4 / 5 dari 1 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Jadwal Penerimaan dan Pelaksanaan Seleksi CPNS 2013".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by:
Jeripurba.com copyright