HP Smartphone Terbaru

iPhone 5S Perbaiki Pangsa Pasar Apple di China, Samsung Tetap Nomor Wahid

Kehadiran iPhone 5S memberikan sedikit angin segar bagi pergerakan pasar Apple. Setidaknya di China, iPhone 5S sudah memberi bukti bahwa produk andalan Apple ini mampu berbicara banyak di pasaran. Bahkan Apple kembali ke jajaran 5 besar vendor smartphone teratas di negeri tirai bambu ini pada kuartal ketiga tahun ini. Padahal di China persaingan vendor smartphone cukup ketat, tidak hanya melibatkan vendor terbesar dunia, akan tetapi perusahaan lokal juga turut bersaing berburu konsumen.

Jika Apple berhasil meraih nilai positif di pasar China, Samsung yang merupakan rival terberat perusahaan asal California itu juga berhasil meraup peningkatan laba yang cukup signifikan. Bahkan perusahaan asal Korea Selatan ini mengalami peningkatan pengiriman smartphone produknya hingga 156 persen dari tahun sebelumnya. Dengan raihan ini maka Samsung masih menempati posisi teratas perusahaan dengan keuntungan paling banyak di China.

Sebuah riset yang dilakukan oleh perusahaan Canalys menyebutkan bahwa saat ini Apple berhasil meraih 8 persen peningkatan smartphone di China yang mencapai 32 persen dari tahun ketahun. Atau dengan kata lain, Apple berhasil menguasai 25% peningkaatan smartphone di China. Dengan hasil ini, maka Apple kembali masuk ke jejeran 5 besar perusahaan smartphone di China. Dalam riset tersebut juga menempatkan Apple di urutan kelima tersebesar yang berhasil mengapalkan produk smartphonenya di China. Pergerakan pasar ini diperoleh Apple setelah dikenalkannya dua produk terbarunya iPhone 5C dan iPhone 5S. Dua smartphone inilah yang memberikan pengaruh positif pada pasar smartphone Apple di China. Sumber: Sumber: pcworld.com

Diakui oleh analis dari perusahaan riset Canalys, Nikole Peng, yang menyebutkan bahwa kehadiran iPhone 5s merupakan faktor yang kuat dalam mendorong pergerakan pasar Apple. Salah satu buktinya adalah hingga saat ini, permintaan akan iPhone 5S ini cukup meningkat. Bahkan pembeli harus menunggu hingga 3 minggu untuk mendapatkan smartphone impiannya itu. Tidak hanya itu, suplai smartphone yang dikirim ke negeri tirai bambu tersebut masih belum mencukup permintaan. Sehingga sangat jelas bagaimana pesatnya permintaan iPhone 5S di negeri ini. Namun Nikole Peng masih belum bisa memberikan gambaran secara detil mengenai permintaan dan pergerakan pasar iPhone 5S. Nikole Peng berharap pada kuarter 4 ini pihaknya bisa mempunyai pandangan detil dari pangsa pasar iPhone 5S.

Berbeda dengan iPhone 5S, smartphone iPhone 5C justru lebih dulu mengapal ke China. Bahkan smartphone ini juga sudah tersedia di web Apple China. Jadi dengan kata lain, iPhone 5C sudah siap memasar dan meraih konsumen di China.

Akan tetapi, perkembangan pasar Apple di China masih berada di bawah Samsung. Samsung berhasil menjadi vendor yang paling banyak mengirimkan produk di China. Pada kuartal ketiga ini, Samsung berhasil mendapatkan pasar hingga 21 persen. Dengan perolehan ini, maka Samsung berhasil menjaga jarak dengan para pesaingnya di negeri tirai bambu itu. Sedangkan di urutan kedua ditempai Lenovo dengan memperoleh pasar sebesar 13 persen. Lenovo yang boleh dibilang masih baru namun cukup memberi perubahan yang berarti diantara pasar China.

Nikole Feng mengatakan bahwa salah satu kelebihan Samsung dalam menyingkirkan saingainnya adalah dengan adanya fitur menengah ke bawah atau lower-end. Kehadiran smartphone ini cukup berpengaruh bahkan sangat menunjang pergerakan Samsung menaklukkan vendor lokal yang tidak kalah kuat dibandingkan dengan vendor ternama. Sampai saat ini, vendor lokal mampu menempati urutan ketiga di bawah Lenovo sebagai vendor terbesar di China. Salah satu vendor lokal yang mampu berbicara banyak dalam pergerakan pasar gadget adalah Yulong, vendor lokal yang satu bahkan mampu menempati urutan ketiga produsen smartphone di China.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

iPhone 5S Perbaiki Pangsa Pasar Apple di China, Samsung Tetap Nomor Wahid,


Diterbitkan pada: Rabu, 6 November 2013
Rating : 2 / 5 dari 1 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author
Copyright by:
Jeripurba.com copyright