Sains

Keren, Dengan Menggunakan Pikiran, Mahasiswa Ini Mampu Menerbangkan Drone ! Kok Bisa ?

Drone merupakan sebuah perangkat canggih yang saat ini banyak digunakan para pecinta teknologi, drone ini memiliki bentuk seperti pesawat yang biasa digunakan untuk mengintai seseorang dari kejauhan maupun hanya sekedar untuk bermain -main saja.

Jika pada umumnya dalam menjalankan pesawat tanpa awak ini menggunakan bantuan media remote control, namun ternyata berikut ini ada cara yang unik menjalankan drone tidak menggunakan remote control, melainkan dengan pikiran.

Terbangkan Drone Dengan Pikiran

Terbangkan Drone Dengan Pikiran. (YouTube)

Seperti dilansir dari laman¬†techinsider (27/4/2016), ada seorang mahasiswa dari University of Florida yang mampu mengendalikan pesawat tanpa awak ini hanya menggunakan ‘pikiran’ dia. Mahasiswa ini bernama Juan Gilbert yang merupakan mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer dan Tehnik mengatakan jika dalam menjalankan Drone kali ini menggunakan sebuah teknolo yang bernama Brain Computer Interface (BCI).

BCI merupakan sebuah teknologi yang memiliki kemampuan bagi manusia agar dia bisa mengendalikan ataupun mengontrol sebuah perangkat eksternal yang ada di luar pkiran mereka. Hal ini semacam sebuah kekuatan untuk menguasai force (kekuatan pikiran yang sudah pernah digunakan pada film star wars dahulu) atau biasa disebut dengan telekinesis, ungkap Gilbert.

Dengan teknologi ini, Gilbert mengatakan jika bisa membantu manusia yang sedang lumpuh nantinya bisa belajar berjalan. Untuk mekanisme pembuatanya sendiri juga sangat mudah dan sederhana, para mahasiswa kreatif ini membutuhkan bantuan dari perangkat head band electro encephalogram (EEG) yang memang memiliki kemampuan untuk mengukur tekanan elektrik yang ada di dalam otak manusia.

Nantinya sinyal tekanan listrik yang ada pada otak tersebut akan diukur dan juga di olah dengan sebuah software sehingga mampu di instruksikan untuk menjalankan drone tersebut. Dalam teknologi yang diciptakannya ini, Gilbert berharap jika kedepannya manusia bisa menggerakkan drone ini tidak dengan menggunakan remote control lagi, tapi cukup dengan menggunakan pikiran mereka.

Berikut video demonya:

Lihat juga: Drone Buatan China Ini Bisa Angkut Manusia Didalamnya.


Gilbert juga mengatakan jika secuil eksperimen yang ia kembangkan ini masih dalam tahap awal saja, dan ia juga berharap semoga teknologi yang sedang ia garap bersama teman-temannya ini nantinya bisa berguna untuk semua orang.

Jika artikel diatas menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan ke:

Keren, Dengan Menggunakan Pikiran, Mahasiswa Ini Mampu Menerbangkan Drone ! Kok Bisa ?,


Diterbitkan pada: Rabu, 27 April 2016
Rating : 4.56 / 5 dari 9 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:

Author: 

Owner, penulis merangkap editor di Jeripurba.com yang menyukai dunia teknologi dan otomotif.

author

Silahkan berinteraksi, berkomentar atau menyampaikan pesan. Bebas,,,, namun tetap ber-etika dan ber-tanggung jawab!. Komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Keren, Dengan Menggunakan Pikiran, Mahasiswa Ini Mampu Menerbangkan Drone ! Kok Bisa ?".

Dan mohon maaf jika tidak sempat membalas pertanyaan dan komentarnya. Jika bersifat sangat penting, silahkan gunakan form kontak. Terimakasih sudah berkunjung.

Copyright by: